......berbagi resep berbagi cerita......

29 January 2013

Donat Kentang Klasik

Donat kentang siapa yang nggak suka? Apalagi yang teksturnya mumpluk-mumpluk lemu-lemu kayak yang nguleni, hi hi. Di Rumah Maret donat kentang biasanya dimakan tanpa tambahan apapun selagi panas-panas. Dua monster donat di Rumah Maret, Syifa dan ayah pastilah anteng kalo dibikinin donat pagi pagi saat hujan gerimis.

Resep donat kentang NCC sudah sukses dicoba dan recommended banget, kali ini mau coba resep donat kentang sajiansedap.com, pastinya juga enak. Dimakan polos enak, mau ditaburi donat dusting juga oke.

Jangan lupa ya kalo mau tampilan donat yang mulus dan mumpluk2 seperti di gambar, nguleni adonannya harus benar benar kalis dan elastis, ciri-ciri  adonan yang sudah kalis adalah ketika sudah tak lagi lengket baik ke tangan ato ke wadahnya, kalo ciri-ciri adonan yang sudah elastis adalah ketika direnggangkan tidak mudah retak/robek. Tapi kalo tangan sudah pegel2 sementara adonan belum juga elastis, bisa juga dicoba cara sesat ala aku dan Syifa (adonan yang sudah dibulet2in dilempar2 dari tangan kanan ke kiri dan sebaliknya sampe berkali2), capek juga dengan cara ini? Ya sudah bikin bakwan aja gak usah bikin donat, ha ha ha.

DSCN0280
besarnya donat seragam karena Syifa lagi seneng main timbangan digital jadi tiap buletan ditimbang
DSCN0282
satu, dua, tiga gak pernah cukup!

DONAT KENTANG KLASIK
Source: sajiansedap.com
Bahan:
400 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
35 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1/2 sendok teh baking powder
150 gram kentang kukus, dihaluskan
1 butir telur
115 ml air es
30 gram margarin
1 sendok teh garam
minyak goreng, untuk menggoreng

Bahan Taburan:
150 gram gula donat
Cara membuat:
  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder sampai rata. Tambahkan kentang. Uleni rata.
  2. Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  4. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Letakkan di loyang yang ditabur tipis tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
  5. Goreng dalam minyak  yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Dinginkan.
  6. Masukkan  donat ke dalam plastik yang sudah berisi gula donat. Kocok-kocok sampai donat terbalut.
 Untuk: 28 buah

No comments: