......berbagi resep berbagi cerita......

09 January 2013

Ayam Masak Cabe Ijo

Selama ini semua masakan yang dicabe ijoin hasilnya selalu memuaskan, ya karena cita rasa cabe ijo itu beda banget sama cabe merah. Gak terlalu pedes dan tampilannya pun keyennn, apalagi dipadu dengan tomat ijo yang gak seasem tomat sayur merah, cucok rempong dah! kata Syifa sotoy.
Kali ini yang mau dicabe ijoin adalah iwak pitik alias ayam, bikin 1 ½ resep karena berdasarkan penerawangan dan prediksi emak kalo masakan ini bakalan laris manis tanjung kimpul, daripada si koki dan asisten gak kebagian lalu malemnya gak bisa tidur karena penasaran yo wislah masak sewajan jadi dehcht.

Gak pake tengak tengok, kalo mau bikin makanan yang baru, cari dulu resepnya Bu Fatmah, klo gak ada baru meracik sendiri, untungnya resep ini gampang dicari dengan mudahnya dan ini dia, dicopy paste kan untuk anda pengunjung setia blog ini. Intinya wajib kudu dicoba!

Hasilnya, jam 10 Syifa makan sesi pertama eeh jam 1 sudah makan lagi, ayam yang sepiring guede diadep sendiri, bener2 mantap nih resepnya Fatmah Bahalwan! Kata Syifa sotoy lagi.

Untungnya masih sempat difoto ayam yang tinggal separonya, cabe ijonya sudah amblas dan acak-acakan jadilah foto yang ala kadarnya, tapi believe me, ayam ini enak tenan.




Ayam Masak Cabe Hijau
By. Fatmah Bahalwan
Bahan:
1 ekor   ayam, potong 12 bagian
1 sdm   air jeruk nipis
1 sdt     garam
Minyak untuk menggoreng, secukupnya
 
Bumbu:
15 bh    cabe hijau besar (versiku ditumbuk kasar)
7 bh      bawang merah
4 bh      bawang putih
4 bh      tomat hijau, potong-potong
1 sdt     garam
1 sdt     gula
4 lbr      daun jeruk purut
100ml   minyak untuk menumis
 
Cara membuatnya:
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Cuci, lalu goreng. Sisihkan.
  2. Kukus cabe hijau, haluskan agak kasar bersama bawang merah dan bawang putih.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bersama tomat dan daun jeruk purut hingga wangi, masukkan ayam, aduk rata. Angkat, sajikan.

No comments: