......berbagi resep berbagi cerita......

01 August 2012

Kenalan Sama Tepung Terigu

Kenalan Sama Tepung Terigu
Source: Berbagai Sumber

Tepung terigu sudah jadi kebutuhan pokok di dapur dapur kita, tapi kadangan bingung kok di supermarket ada macam-macam terigu yang dipejeng ya, dan gak tau bedanya apa akhirnya main comot dan ujung-ujungnya hasil masakan kurang maksimal karena belum kenalan sama si terigu. Kenalan dulu deh biar akrab.
Terigu terbuat dari bulir gandum, bentuknya serbuk halus dan mengidentifikasi apakah kondisinya bagus atau tidak cukup mudah, sepanjang tidak apek berarti  masih bagus disamping tetap harus diperhatikan tanggal kadaluarsanya lho.


Macam-macam tepung terigu yang akan sering kita pakai adalah:
1.    Tepung Terigu Protein Tinggi
Tepung terigu protein tinggi digunakan untuk membuat roti, pizza, donat dan mi. Merek terkenal yang beredar dipasaran untuk tepung terigu protein tinggi adalah Cakra Kembar, Kereta Kencana, dll.

2.    Tepung Terigu Protein Sedang
Tepung terigu protein sedang ini yang paling multi user seperti di bungkusnya yang ditulis all purpose (dapat digunakan untuk bermacam makanan), bolu, cake, gorengan biasanya pakai jenis ini. Sebut merek ya, untuk tepung terigu protein sedang yang banyak beredar adalah Segitiga Biru.

3.    Tepung Terigu Protein Rendah
Tepung terigu protein rendah digunakan untuk membuat kue kering/cookies, dan juga untuk cake yang lembut seperti sponge cake. Merek yang familiar adalah Kunci Biru, Kunci Mas, Lencana Merah.

Kok ribet ya nginget-ngingetnya dan masih suka ketuker-tuker, mudahnya kalo Cakra buat segala jenis roti-rotian dan mi, Segitiga buat bolu, cake dsb dan  Kunci Biru buat kue kering. Silahkan distok sesuai jenis panganan apa yang sering dibikin, kalau aku biasa stok tiga-tiganya kustok masing-masing sekilo saja.
Memangnya kenapa sih kalo kita salah pake jenis tepung terigu?, (ki bocah kok ngeyel tho) baiklah aku cerita sedikit dari pengalamanku, pada suatu hari pernah bikin kue kering pake terigu protein sedang karena adanya stok ya cuman itu ceritanya sok tau dan mbatin “aaah palingan sama ajah”, eeh jebulnya hasil kue kering kurang maksimal, kalo dari segi rasa sih gak ada ngaruh tapi dari segi tekstur cukup beda yaitu kue kering yang pake protein sedang aka Segitiga Biru hasilnya kurang empuk. Untuk penggemar kue kering seperti ojobku kesalahan pemilihan tepung ini langsung teridentifikasi pada gigitan ketiga, sambil ngunyah bilangnya begini “kurang empuk nih”. Suseh deh kalo punya pelanggan sensitif begitu, kalo salah masak artinya makanan gak akan ditowel. Kokinya nggremeng deh sepanjang hari.
Jadi intinya cukup penting ya untuk mematuhi jenis terigu pada resep. Supaya hasil masakan maksimal. Toss dulu.

2 comments:

Ina Umminya anak-anak said...

mbak.. makasih yoo , ta' ngopi entuk ora?.. heheh sebelumnya salam kenal, baru pertama ngintip blok njenegan iki... heheh

aan said...

monggo dikopi sambil cangkruk ummi.