......berbagi resep berbagi cerita......

18 January 2013

Bownies Kukus Ketan Item Ny. Liem

Nekat bikin browkus ketan item walopun di Rumah Maret gak laku selain aku sendiri sama embak yang makan. Adu duh aku memang suka bener sama bolu or brownies ketan item, sensasinya yang padat berpasir itu lho bikin gak bisa lupa.
Buka-buka buku Cake dan Brownies Kukus Fantastis Ny. Liem, idenya benar2 kreatif ditiap lembarnya, terutama ide menyelip-nyelipkan biscuit ditengah2 cake sungguh mengesankan buatku. Dan mengadaptasi ide itu aku memilih browkus ketan item dengan lapisan oreo. Jadinya seperti brownies coklat berlapis meces, tapi ini rasanya beda.
Seneng dengan resep-resep Ny. Liem yang ada di buku-buku terbitan lama, karena simpel dan enak, namun belakangan ini resep2 Ny. Liem ribet banget, bahannya bererot yang rata2 adalah produk Ny. Liem sendiri. Mungkin sekalian bikin resep, sekalian promosi bahan2 kuenya juga kali. Tapi yo sah-sah saja, cuman untuk resep2 baru aku belum satupun nyobain walopun beberapa sudah telanjur kubeli buku2nya.
Nah untuk praktekku yang dibawah ini, beberapa bahan aku skip dan kukurangi, tapi tetap aku posting lengkap seperti di bukunya dan aku bikinnya 1/2 resep sajah. Untuk tekstur bronketemku ternyata beda dengan gambar di bukunya, kalo dibukunya gambarnya padat mulus sedangkan bikinanku banyak pori2nya (ini karena waktu mengaduk terigunya belum begitu rata dan ada udara yang terjebak dalam adonan). Mestinya udara yang terjebak ini bisa ilang dengan memukul2kan loyang yang sudah diisi adonan pada saat sebelum dikukus.
2012-11-17 12.30.48
Browkus Ketan Item Lapis Oreo

Bahan:
350 gram telur (kurleb 8 butir)
250 gram gula pasir (pake 200 gram)
14 gram cake emulsifier (pake 1 sdt)
¼ sdt vanilla cream
¼ potassium sorbet (gak pake)

Bahan B:
275 gr tepung ketan hitam
20 gr tepung terigu kunci biru
20 gram cokelat bubuk
½ sdt baking powder

Bahan C:
175 cc santan
175 gram mentega


Bahan Lapisan:
Biscuit oreo buang krimnya
Cara membuat:
1.    Kocok bahan A hingga mengembang dan berwarna putih.
2.    Masukkan bahan B, kocok hingga rata.
3.    Tambahkan bahan C, kocok kembali hingga rata.
4.    Masukkan dalam loyang
5.    Kukus selama kurleb 30 menit
(bila ingin memakai lapisan entah meces atau oreo, maka adonan dibagi 3, tuang 1/3 loyang lalu kukus 10 menit, tata biscuit diatasnya lalu tuangi adonan lagi, kukus lagi 10 menit begitu seterusnya dan pada tuangan terakhir kukus selama 15 menit)
2012-11-17 12.29.54

No comments: