......berbagi resep berbagi cerita......

28 May 2012

BOLU PISANG TANPA MIXER


Resep ini kudapat dari suhu bakingku Mbak Cici, temen seruangan yang member NCC. Bolu pisang selalu jadi favorit hubby untuk teman minum teh di sore hari pas hari libur jadi semangat banget tiap dapat resep cake-cake yang ada pisangnya gini. Saat bikin yang pertama kalinya sempat penasaran akan jadi seperti apa bolu tanpa mixer ini, sudah pisangnya bikin adonan berat ditambah telur yang juga makin bikin adonan berat eee kok malah ditambah tanpa mixer. Ternyata oh ternyata ini bolu pisang terenak nomor dua yang pernah kubuat (yang nomor satu tetep Cake Pisang Tape Ketan). 

Setelah dilihat-lihat inggredientnya rupanya yang bikin adonan super berat ini terangkat saat dikukus/dipanggang adalah adanya kombinasi baking powder dan baking soda yang menurutku cukup gila-gilaan dosisnya (total jenderal 3 sendok teh), beuhhh gak pahit tuh??? dan ternyata enggak (tapi tetap cemas dalam hati takutnya gak bagus buat kesehatan kalo kebanyakan dan akhirnya setiap bikin pasti aku kurangin takarannya hingga 50% nya saja--akibatnya cakenya jadi lebih padet tapi untuk rasa tetap lezzato kok). Oke moms, gak ada alesan lagi untuk gak baking ya, gak punya mixer!! (ini gak pake mixer), gak punya oven!! (ini bisa dikukus kok), gak punya kompor (yo wis nangiso wae)!!! Yeeee.

BOLU PISANG (TANPA MIXER)
Sumber: Nia Annisa, milis NCC

Bolu Pisang Kukus
Bahan kering:
- 200 g terigu
- 150 g gula pasir
- 50 g gula aren/palem
- 2 sdt baking powder
- 1 sdt baking soda
- ½ sdt garam
- ½ sdt kayu manis bubuk


Bahan basah:
- 175 ml minyak goreng/1 bungkus unsalted margarine dilelehkan (aku pake butter)
- 3 butir telur
- 4-6 pisang ambon matang, dihancurkan dengan garpu/mixer/FP (aku pake 6 pisang)
 

Cara membuat:
1. Siapkan oven suhu 180 derajat atau kukusan api sedang. (aku pake kukus)
2. Campur semua bahan kering. Jangan lupa ayak terigu, baking powder,
dan baking soda bersama-sama.
3. Campur semua bahan basah.
4. Masukan bahan kering ke dalam bahan basah sedikit-sedikit sambil diaduk.
5. Masukkan di loyang yang telah dialasi kertas roti dan dioles mentega.
6. Panggang, dengan oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu, 170-180 derajat.
7. Bisa juga dikukus dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit
atau hingga matang (aku kukus 45 menit)





9 comments:

Mama Dee said...

Mba, punten ikut di share ya resepna, tengkiyuhhhh

Andayati said...

Silahkan mamiii, make your family happy. tks ya sudah berkunjung dan leave comment!!! Sesuatu.

Veby Vanadila said...

Mau tanya, aku dpt resep ini dr bogasari jg, apa dlm nya kering atau basah? Aku buat kok basah yah?

Andayati said...

yang dikukus dalamnya lebih basah daripada yang dipanggang. Tapi basah disini bukan berarti blenyek ya say, sepanjang pada saat tes tusuk tidak ada yang menempel di lidi berarti walopun lembab/basah itu sudah matang kok!

Kusmilawaty Ihsan said...

Mba, aku baru kelar ngeksekusi resep ini :) Ngebaking tengah malam judulnya hehehe Kebetulan anakku besok ada minitrip dari sekolahnya. Tapi berhubung gula palmnya ga punya, aku ganti pake gula jawa yg kugepuk pake batu ulekan sampai bentuknya kayak pasir :D Baking powder dan baking soda jg cuma aku pakein 1/2 resep, jadi juga :) Bener2 anti gagal nih resep. Suamiku yg nemenin, langsung minta jatah, dan komentarnya "Enak Mi" Alhamdulillaah... Senengnya :D Makasih ya Mba... Oya, aku jg masaknya dikukus 45 menit :)

Andayati said...

wow ngebaking tengah malem memang adrenalin, apalagi kalau sukses dan dipuji suami (emak2 memang haus pujian ya he he he)jadi pengen bakin dan baking lagi. Tks sudah berkunjung!

ninid widodo said...

Siang kak....maaf mau tanyaa,,ini beneran gak pake mixer bisa ngembang kya di gambar ya????jd telurnya cuman di kocok/dicampur biasa gt gak di mixer???

ninid widodo said...
This comment has been removed by the author.
Andayati said...

Benar gak pake kok jeng...yg bantu ngembangin para baking itu. Baking powder ngembangin dan bikin bahan tercampur rata pd saat blm dikukus sedangkan baking soda bekerja pd saat dikukus...klop jd ngembang tanpa mixer....ayo dicoba. Tks kunjungannya.