......berbagi resep berbagi cerita......

28 January 2013

Vanila Sponge Cake

Sudah kesekian kali bikin sponge cake baik yang coklat atau yang vanilla, dan berhubung cake ini biasanya buat base cake atau buat cake di tiramisu jadinya selalu terlewat untuk difoto. Yang difoto inipun juga cake sisa yang aslinya sudah gak berbentuk, tapi tekstur dan bentuk masih mewakili resep jadilah kutampilkan disini.

Bikin sponge cake gampang-gampang susah (makanya sampe ada kursus dasar sponge cake), berani bilang gampang kalo sudah praktek dan berhasil, buatku pribadi belum bisa bilang gampang karena dibagian mencampurkan margarin itu (tehnik aduk balik) kadang aku kurang sabaran jadinya masih ada sisa margarine yang mengendap di bawah. Ya walopun cakenya tetep jadi spongy tapi ada sedikit  bagian bawah yang menebal alias bantat. Its oke, ada pisau panjang yang siap melakukan tugas mapras memapras.

DSCN0446
teksturnya beremah, tak heran jika ada yang bilang bila cake ini dioven sampe kering bisa jadi lady finger cookies

Margarin yang mengendap bisa dengan gampang dilihat kalo kita ngocok adonan pake mangkuk beling besar (punyaku dapat diskonan di kedaung only 20 rebong sajah segede bagong). Tinggal diangkat saja mangkuknya dan dilihat masih ada kuning2 margarin gak di dasar mangkuk. Tentu ini cara paling primitive dari baker yang memang gak ahli baking, boleh diikuti boleh enggak, ha ha ha.

Tadi diawal kusebutkan kalo bikin cake ini selalunya mau buat base cake or tiramisu, padahal cake ini dimakan begitu saja sudah uenak kok, ringan dan gak ngenyangin, buat dicelup-celupin ke kopi cucok banget.

DSCN0445
potongan sisa buat tiramisu jadinya bentuknya tak beraturan


SPONGE CAKE
Source: Buku NCC (60 Cakes and Cookies Anti Gagal)

8 btr telur
200 gr gula pasir
1 sdm emulsifier (aku pake ½ sdm)
225 gr tepung terigu
100 gr margarine, lelehkan, biarkan dingin.

Cara membuat:
  1. Kocok telur dan gula hingga berbusa, masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental. Matikan mixer
  2. Masukkan tepung terigu secara bertahap, sambil diaduk hingga rata.
  3. Tuang margarine leleh, aduk hingga rata.
  4. Tuang kedalam loyang , oven hingga matang

No comments: