......berbagi resep berbagi cerita......

17 January 2013

Rendang Manis Dengan Slow Cooker

Repot kalo masak rendang karena anak-anak gak suka pedesnya, yuk kita bikin aja rendang manis. Apa bedanya sama semur, bedanya yang paling mencolok kalo semur gak pake santen dan daun kunyit, yang lainnya tentu beda di bumbunya. Enak gak? Ya enak lah, daging gitu lho diolahin apaan aja kayaknya tetep enak deh.

Kalo mau tektur yang empuk banget pilih daging has, baik has dalam atau has luar. Tapi kemarin waktu aku bikin rendang manis ini pake jenis sengkel yang memang lebih murah, dan sadar diri karena daging ini lebih keras dibanding daging jenis has maka aku memasaknya dengan slow cooker, bumbunya ditumis lalu dimasukkan ke slow cooker bersamaan santan dan dagingnya.

Tapi kalo mau dimasak biasa di wajan, tambahkan santannya barang 150ml.


2012-12-24 10.00.19
dan Afkarpun ikut-ikutan kakak ngegadoin rendang ini


Rendang Manis Dengan Slow Cooker
Ala Blog Rumah Maret:
Bahan
500 gr daging, potong kotak
2 lbr daun salam dan 2 cm lengkuas
1 lembar daun kunyit
3 buah asam kandis
500 ml santan kental
Garam secukupnya (biasanya 1 sdt)
1 bulatan gula merah
½ sdt lada bubuk

Bumbu halus/blender:
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
5 butir kemiri

Cara membuat:
1.    Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, lengkuas, daun kunyit dan asam kandis gula dan garam dan lada bubuk. Tumis beberapa saat.
2.    Bila menggunakan slow cooker, masukkan santan, bumbu dan daging ke dalam slow cooker aduk rata lalu colokkan. Sesekali aduk2 lalu biarkan hingga daging empuk dan kuah menyusut.
3.    Bila memasak dengan wajan, lanjutkan dengan memasukkan daging ke dalam bumbu tumis lalu tuangi santan. Rebus hingga daging empuk dan kuah menyusut.

No comments: