......berbagi resep berbagi cerita......

13 May 2013

Tumis Tahu Crunchy


Subuh tadi ke Ancol, banyak tujuan: mau kumpul2 keluarga Ayah, mau sarapan bersama di pinggiran Marina, mau ajak anak-anak main pasir, mau hunting ikan, mau naik sepeda tandem, mau  joging dan mau-mau yang lain.


Malamnya sempat galau antara mau masak nasi kuning atau nasi uduk buat menu makan pagi bersama disana, dua-duanya sudah ready stok bahannya. Akhirnya diputuskan untuk masak nasi kuning, jam 2 udah mulai terjun dapur soalnya ayah bilang jam 5 cabut jadi cuma punya waktu 2 jaman untuk masak, sejaman buat ngopeni keperluan anak-anak. Cukup riuh rendah masaknya, bikin kering tempe, ayam kecap, sambel kacang (untung sudah ready stok), goreng krupuk, bikin brownies kukus, dan  goreng tempe mendoan oleh-oleh ayah jalan pagi kemarin.

Menu selebihnya dibawa saudara-saudara yang lain, nyambung gak nyambung pokoknya bawa begitu note-nya. Namanya lagi ngumpul-ngumpul apa saja yang dibawa pasti laku deh. Yang masak puas yang makan juga puas kan kalo begini kejadiannya, gak ada masalah deh kurang tidur masih banyak kok waktu tidur pengganti.

Menu yang mau kuposting ini bukan bawaan potluck ke Marina tadi, karena ini sudah agak lama kubikin. Tumis tahu crunchy ini aku suka karena ada sensasi rasa kriuk-kriuknya, dan tak lupa cabe ijo favorit bertebaran dimana-mana. Tapi kalo ayah ditawarin pasti jawabnya “ada lauk yang lain gak?”, hi hi hi Rosa (Tega) dan Afgannya (Sadis) dirimu yah!

Tumis Tahu Crunchy
Bahan:
15 tahu pong (belah serong, balik dan buang isinya)

Pelapis:
2 siung bawang putih haluskan
1 blok kaldu
½ sdt garam
60 gram terigu
20 gram tepung beras

Bumbu iris:
1 siung kecil bawang bombay, iris tipis
5 buah tomat ijo, iris tipis
7 buah cabe ijo besar
1 sdm saos tiram
Gula dan garam secukupnya
3 lembar daun jeruk

 Cara Membuat:

  1. Campur tahu dengan bahan pelapis, diamkan 10 menit.
  2. Goreng dengan minyak panas dalam posisi terendam hingga kering, sisihkan.
  3. Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan cabe dan tomat, daun jeruk dan saos tiram gula dan garam. (tambahkan sedikit air bila perlu), aduk hingga bumbu matang.
  4. Masukkan tahu yang sudah digoreng, aduk rata lalu koreksi rasa.
  5. Sajikan selagi panas.





Ditepat pukul 2 malam ditemani Melly Goeslaw

No comments: