......berbagi resep berbagi cerita......

29 May 2013

Cake Tape Ketan Hijau

Dapat oleh-oleh tape ketan ijo dari temanku Futu, dia abis dari Cirebon menghadiri acara pernikahan, sempat bingung mau diapakan ya? Kalau mau dibikin puding, itu alamat yang makan bakalan emak dan embak doang.

Setelah merenung selama lima hari (lama amat!), tapenya dikasih hari senin dan eksekusinya nungguin hari sabtu jadi masa perenungan dapat dilakukan dengan cukup lama dan bijaksana. Untungnya tape gak berubah rasa karena di simpan di wadah kedap udara dan masuk kulkas dengan suhu yang stabil.

Hari sabtu saat mau eksekusi, Afkar ngadat narik-narikin tanganku "ayoooo miiiiii" katanya gak berenti-brenti ngajakin tidur-tiduran sambil menyusu (huaaaaa daku belum tega menyapihnya padahal udah 2 tahun 2 bulan) gimana dong? Tempo hari sempat disapih 2 hari, dan emaknya malah yang meriang panas dingin gak jelas ampe gak ngantor segala. Simbiosis mutualisma bahasa kerennya, sama-sama butuh tapi untuk kasus ini sama-sama harus diakhiri kan? Tapinya kapan ya, mental belum kuat.
bagian dalam yummy, bagian kulitnya yummy banget
Kadang-kadang hidup ini memang tidak adil ya Dek, masak anak kecil umur 2 tahun harus disapih sementara ada satu orang dewasa yang seumur hidupnya tak pernah mengenal kata disapih, huuuu sungguh terlalu kan?
Tiba-tiba udah jam 1 siang dan saatnya jemput Kakak yang lagi ikut Jambore Matematika di Buperta Cibubur. Ini yang pertama kalinya Syifa ikut  yang model nginep gini, dan ampun dah perbekalan yang dibawa segambreng-gambreng, emaknya juga yang kalang kabut dari dua hari sebelumnya. Begitulah tugas ibu gak akan pernah berkurang sekalipun kita ini working mom.Noted!
tekstur dari jarak dekat
Jam 5 sore sepulang dari Cibubur langsung cau,  oven nyala dua (yang otang dan otrik), sementara sudah pada laper juga akhirnya super mom nyambi masak makan malam, ayah agak diabaikan dan akibatnya cenbetut ampe malem (sori ya yah, bahan2 dah telanjur ditimbang dari pagi je).

Resep dasar kuadaptasi dari justtryandtaste namun telah kutambahi beberapa bahan yang pastinya akan nambah gurih cake-nya (tadinya ragu mau ganti canola jadi santan atau mau nambahin gurih pake keju aja ya?).  Setelah liat keju yang mau expire, maka godaan pake santan disingkirkan padahal santan katanya pasangan jiwanya tape ketan lho, suatu hari must try deh.
Dan penuh kebanggaan ini dia, cake tape ketan hijau yang benar-benar dibuat sambil ngos-ngosan ini!

ah sudahlah, just try!


Cake Kukus  Tape Ketan Hijau

Bahan:
- 4 butir telur ayam ukuran besar, suhu kamar
- 150 - 200 gram gula pasir, tergantung kemanisan tape ketan yang anda miliki
- 200 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
- 2 sendok teh baking powder, pastikan fresh dan cek tanggal kedaluwarsanya
- 1/4 sendok teh garam
- 200 ml minyak canola (bisa menggunakan mentega cair atau minyak sayur biasa)
- 350 gram tape ketan hijau
-75 gram keju parut cheddar atau cheese filling

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang ukuran 23 x 9 cm, olesi mentega dan taburi tepung. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan tepung terigu, baking powder dan garam, aduk rata dan sisihkan.
  3. Dalam mangkuk mixer, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, kental dan berwarna putih. Pertama gunakan kecepatan rendah untuk membuat bahan tercampur rata kemudian ubah kecepatan mixer menjadi speed tinggi.
  4. Turunkan kecepatan mixer menjadi yang paling rendah, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan kocok hanya agar tepung tercampur. Masukkan minyak canola, setelah minyak tercampur masukkan tape ketan hijau dan keju. Kocok sebentar saja hanya agar tercampur dan segera matikan mixer. Jangan terlalu berlebihan dalam mengocok. Anda juga bisa menggunakan spatula untuk mencampur bahan.
  5. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Siapkan kukusan, isi dandang dengan air agak banyak. Panaskan hingga air dalam dandang mendidih. Masukkan loyang berisi adonan. Tutup permukaan dandang dengan kain serbet bersih yang mampu menyerap air dengan baik. Tutup rapat penutup kukusan. Kukus cake selama + 50 menit. Jangan membuka penutup kukusan selama pengukusan. 
note:
  1. untuk hasil lebih menghijau dan cantik bisa ditambahkan 3 tetes pewarna makanan hijau
  2. resep cake kukus ini telah kucoba dipanggang hasilnya sama enak tapi untuk tekstur lembutan yang dikukus ya!
  3. untuk step cara membuat nomor tiga (disini biasanya biang kerok bantat dimulai), ketika terigu sudah masuk mencampur harus dilakukan dengan perlahan dan jangan overmix (better pake spatula aja).

menjelang pukul 2 malam, merasakan sepenuhnya kesenyapan!

No comments: