......berbagi resep berbagi cerita......

18 May 2013

SPONGE CAKE COKLAT



Ini resep pemberian mertua, sisipan di Tabloid Bintang langganan beliau. Kali ini empat lembar resepnya semua berisi tentang cheese cake judulnya aja “cheesecake lezat menggoda selera”. Dari semua yang menggoda aku mencoba yang Black & White Cheese Cake, bikinnya 2 kali, pertama bikin sponge cake coklat dulu baru bikin cheese cakenya. Kalau biasanya bikin cheesecake dengan crust biskuit or sponge cake yang dipadatkan maka pada jenis ini si sponge cake gak perlu dipadetin, cukup ditumpuk saja. 

Resep Black and White Cheesecake kenapa belok jadi sponge cake coklat ya? Iya soalnya pas lapisan putihnya gatotkaca alias gagal total sampe gak berani ngaca! Menanggung malu sama anak-anak dan ayahnya karena sementara emaknya berkutat di dapur para customer ini sudah menunggu sambil nonton tipi pede pake nyiapin teh panas pula. Akhirnya apa boleh buat lapisan coklatnyalah yang di papras dan disajikan dan untungnya habis dalam sekejap tuh (salah tapi bangga), dan tanpa rasa bersalah sempat-sempatnya dipoto2 dulu. Oalah.


Kenapa bisa gagal??? Pertanyaan klasik yang akan dijawab dengan jawaban klasik: “karena kurang sabar”. Gak sabar ngocok telur dan gula sampe ngembang dan gak sabar nungguin lelehan margarinnya sampe suhu ruang. Akhirnya rasakan akibatnya. Huaaaa mewek jadi obatnya daripada marah2, karena kata seorang teman kantor setiap kita marah ada salah satu saraf yang putus, hiii atut.

Sponge Cake Coklat
Source: Tabloid Bintang
Bahan:
3 butir telur
80 gram gula pasir
65 gram tepung terigu protein sedang
10 gram coklat bubuk
1/8 sdt baking powder
50 gram margarin, lelehkan
1/8 sdt pasta cokelat

Cara membuat:

  1. Panaskan oven 190 derajat celcius
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang
  3. Tambhakan terigu, cokelat bubuk, dan baking powder sambil di ayak.
  4.  Aduk rata tambahkan margarin dan pasta cokelat aduk perlahan
  5. Tuang ke loyang bulat 20 cm tinggi 3 cm yang dioles margarin dan dialasi kertas. Panggang 20 menit sampai matang.

No comments: