......berbagi resep berbagi cerita......

08 October 2012

Resep Urap

Urap memang enak, jangankan pake sayur-mayur, sambel urapnya pun sudah enak. Sayur-mayurnya bisa bebas apa saja dimasukkan. Tinggal tambah atau kurangkan garamnya. Untuk kelapa harusnya yang muda, tapi kemarin aku pake kelapa biasa karena gak dapat kelapa muda, lebih parahnya harusnya dikukus, aku malahn ku sangrai kelapanya. Hasilnya benar-benar kering bumbu kelapanya dan tahan gak basi sampe sore.

Kalo disanggrai begitu walopun awet tapi aku gak recommended karena kelapa muda dan dikukus jauh lebih maknyuss dan enak. Jadi tetap patuhi resep ya.

itu kembang bukan bahan urap lho ya kecuali kalo memang suka (lhaaaa memangnya embek)


Resep Urap
Source: Tabloid Saji
Bahan:
200 gram daun kenikir/kangkung direbus
1 wortel, potong korek rebus
10 lonjor kacang panjang, potong rebus
100 gram toge, seduh
200 gram kelapa muda, parut kasar   (aku gak dapat kelapa muda)
1 sdm bawang goreng

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah keriting
3 buah cabe rawit merah
3 cm kencur
½ sdt terasi, dibakar
2 sdt garam
½ sdt gula pasir

Cara Membuat:
1.     Campur kelapa parut, dan bumbu halus, aduk rata.
2.     Kukus 20 menit di atas api sedang sampai matang (aku oseng bumbunya sampai kering berharap bisa tahan seharian). Sisihkan.
3.     Campur daun kenikir, waortel, kacang panjang dan tauge. Aduk rata
4.     Sajikan sayuran bersama kelapa parut kukus. Taburkan bawang goreng.

No comments: