......berbagi resep berbagi cerita......

19 October 2012

Brownies Kukus ("mirip" Amanda)


Sudah lammma sekali rasanya gak bikin brownies coklat, soalnya Syifa bolak balik ditawari brownies bilang emoh terus. Ada satu resep yang menggoda banget untuk dicoba, resep browkus-nya Blog Dapur Bunda yang kabarnya amandaa bangettt.
Resepnya cukup ngedap-ngedapi, yang pasta moka setengah botol lah trus emulsifier yang 1 sdm lah bikin maju mundur antara jadi bikin apa enggak. Tapi akhirnya dibikin juga dengan mengurangi bahan disana sini.
Dan ampun deh, nih brownies emang lezat nian, Syifa yang nehi-nehi pada awalnya ujug-ujug bawa 3 cup dan habees. Komentarnya, waktu baru mateng bau wanginya bikin ngiler, trus waktu nyobain satu kok masih kurang, akhirnya 2. Cup ketiga sebenernya dah mulai kenyang tapi sayang kalo dilewatkan jadinya embat juga deh.
Ini resepnya, aku copy paste apa adanya, soal SP yang dicampur terigu, ya SPnya campur ke telur dan gula aja ya pas ngemixer.
coklat di dalam, tabur meses diluar

Brownies Kukus (‘mirip’ Amanda)
Posted by Bunda Tyas (Milis Dapur Bunda)

Bahan :
200 gram Tepung terigu segitiga
400 gram gula pasir
8 butir telur
1/2 kaleng susu kental manis cokelat
300 ml minyak goreng
1/2 botol pasta mocca
1/2 ons cokelat bubuk
1/2 sdt vanili
1 sdm SP
1/2 sdt garam
cokelat beras/messes secukupnya

Cara membuat :
Ayak tepung terigu, cokelat bubuk dan SP sisihkan.
Kocok telur dan gula sampai larut, masukkan bahan kering aduk rata, tambahkan susu kental, pasta mocca, vanili dan garam, terakhir masukkan minyak goreng, campur rata, bagi menjadi 2 adonan.
Masukkan dalam loyang ukuran 22x22 cm yang telah dioles margarin tipis dan dialasi kertas roti. masukan adonan pertama, kukus selama 15 menit dengan api kecil, setelah permukaan kering taburi dengan messes, masukkan adonan kedua, kukus +/- 30 menit ato hingga matang. 
 


No comments: