......berbagi resep berbagi cerita......

29 October 2012

Bumbu Dasar Merah (Rahasia Masak 20 menit)

Bumbu Dasar Merah (Rahasia Masak 20 menit)

Mana mungkin pulang kerja masak buat makan malam, gak sempet!!! Sempet kok asal disiasati. Berapa lama waktu tersingkat anda untuk masak? 1 jam? 2 jam?, aah itu sih kelamaan. Kalo masak sepulang kerja No lelet, No njlimet, dan tuntutannya cuma satu yang penting enak (bukan enak banget lho ya, kalo enak banget itu jatahnya hari sabtu-minggu).

Lalu gimana cara menyiasatinya? Pake bumbu dasar. Bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning, bumbu tempe goreng yang semuanya dibuat di hari libur dan distok di toples kedap udara. Mau lebih cepat lagi masaknya, stok terasi goreng, stok ikan asin jambal roti goreng, dan tak lupa stok bawang goreng. Kalo perlu cabe iris yang sudah ditumispun sudah distok. Pertanyaannya tahan berapa lama makhluk2 itu? Aku biasa memperbarui stok 2 mingguan dan selalu masih bagus kondisinya karena bumbu dasar yang sudah digoreng memang tahan sampe 1 bulanan di kulkas. Suka lihat kan bumbu2 jadi tanpa pengawet yang dijual bisa tahan berhari2 pada suhu ruang? Itu karena proses penggorengan yang sempurna.

Kali ini yang mau diposting adalah resep bumbu dasar merah yang memang paling sering digunakan (untuk bumbu dasar lain menyusul ya), akan sangat berguna buat emak2 bekerja yang ingin sekali mengurangi makanan jajan. Feeling dan icip2 memegang peranan penting disini, dan makin lama makin terasah kalo sering memakainya. Ayo dicoba:




Bumbu Dasar Merah
Source: Tabloid Sedap Bintang
Bahan:
250 gram cabe merah
100 gram bawang merah
75 gram bawang putih
1 sdt garam
½ sdt lada bubuk
1 sdm terasi goreng
75 ml air
50 ml minyak goreng
 
bumbu dasar merah siap masuk kulkas

Rempah daun:
Daun salam, daun jeruk, batang sere, jahe, lengkuas

Cara membuat:
1.     Blender semua bahan kecuali rempah daun.
2.    Masak bumbu hingga air menyusut, masukkan minyak goreng, dan rempah daun. Tumis bumbu hingga harum dan matang.
3.     Biarkan dingin. Masukkan dalam wadah bersih, simpan di kulkas.


Sudah ada bumbu dasar merah, saatnya sekarang contoh contoh resep yang pake bumbu dasar merah, hanya contoh lho ya kalo aslinya sih bisa banyak banget variasi masakan yang dapat dihasilkan dari bumbu dasar merah ini, yuk disimak.
Lauk Pauk dari Bumbu Merah
Si embak dah dipesenin untuk rebus dan kupas telur pada siang harinya pun demikian dengan sayurnya dah disiangi (kalo cuma nyiangin sayur dan rebus telur bisa kan sambil disambi momong/). Jadi sore sepulang kerja bener2 singkat sekali masaknya, 20 menit itu sudah termasuk goreng tempe dan tumis sayurnya. Tentu saja bumbu tempenya dah siap pakai dan kompor nyala dua. Srang seng srang seng kelar, acara masak terasa lebih heroic jika punya target 20 menit gini.

Telur Siram Bumbu Merah

Bahan:
4 butir telur, rebus kupas belah dua (bisa diganti ikan/ayam yang sudah digoreng)
2 sdm bumbu dasar merah
100 ml air
1 sdt garam
1 buah tomat iris
1 batang serai. Memarkan, 1 lembar daun salam,3 lembar daun jeruk (kalo gak ada skip saja)

Cara membuat:
1.     Tata telur diatas piring datar
2.     Tumis bumbu dasar merah, tambahkan air, dan bumbu lain, aduk rata.
3.     Angkat lalu siramkan ke telur


Bisa Untuk Aneka Sambel
Resep Sambel dengan Bumbu Dasar Merah berikut ini bisa divariasikan dengan apa saja, misalnya tinggal tambahkan teri medan goreng segenggam, ato mau ditambahkan abon didalam sambelnya. Semuanya sudah pernah kucoba dan enak tenan lho.
Sambel Tomat
Bahan:
5 sdm bumbu dasar merah
2 buah tomat, iris tipis
¼ butir bawang bombay
Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:
Tumis semua bahan hingga matang

Sambel Terasi
Bahan:
5 sdm bumbu dasar merah
1 buah tomat, iris tipis
¼ butir bawang Bombay
1 sdt terasi goreng
Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:
Tumis semua bahan hingga matang

Bisa Untuk Aneka Tumisan
Untuk tumisan dengan ukuran 6 porsian dibutuhkan bumbu dasar merah 2 sdm, dapat ditambahkan irisan tomat atau kalo rajin boleh juga tuh tambahin bumbu dapur lengkuas dan daun salam. Jangan lupa ya mainkan gula dan garamnya.





SELAMAT MENCOBA!!!

No comments: