......berbagi resep berbagi cerita......

29 October 2012

Gateau Africain

Ini Gateau Africain pertamaku yang menurutku masih belum bisa dibilang sukses karena kurang rapi dan ketipisannya masih belum seragam. Suatu hari akan kubikin lagi yang versi bagusnya.  Kalo urusan rasa jelas lezatto cake ini, beda dengan biasanya karena ditiap lapisnya ada kejutan rasa vla vanilla yang berpadu dengan cake coklatnya. Ribet tapi sepadan bangeeet. Resep2 dari buku 60 Resep Cake & Cookies Antigagal NCC ini, satu persatu akan kucoba nanti karena gak pernah mengecewakan.

harusnya 6 lapisan coklat, tapi aku cuma bikin 4 lapis
Gateau Africain
:: Penulis : Fatmah Bahalwan
 

Bahan A:
20 btr       kuning telur
5 btr        telur utuh
200 gr       gula pasir
20 gr        emulsifier

Bahan B:
125 gr       tepung terigu
50 gr        coklat bubuk
25 gr        tepung maizena
1 sdt        baking powder

Bahan C:
200 gr       mentega, lelehkan
2 sdm        pasta coklat Black Forest

Cara membuatnya:
  1. Campur semua bahan B, ayak, sisihkan.
  2. Kocok bahan A sampai mengembang dan kental, masukkan bahan B sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuangi bahan C, aduk rata.
  3. Tuang adonan kedalam 5 atau 6 bh loyang ukuran 22x22x4cm yang sudah dipoles mentega dan dialas kertas roti. Panggang dalam oven suhu 180’C selama 25 menit, atau sampai matang. Angkat. Dinginkan.
Penyelesaian: taruh satu lembar cake diatas alas kue poles dengan vla vanilla (lihat resep Kue Sus isi Vla), tumpuk diatas satu lembar lagi, poles lagi dengan Vla, begitu seterusnya hingga semua tertumpuk. Bagian atas taburi coklat bubuk. Potong pinggiran cake supaya rapi.


Vla Vanilla
Bahan:2 btr kuning telur
50 gr tepung Maizena
500 ml susu segar
75 gr  gula pasir
1 sdm rhum (optional)
Cara membuat:
  1. Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas kuning telur, satukan. Sisihkan.
  2. Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat.


No comments: