......berbagi resep berbagi cerita......

05 June 2012

Ketagihan Ke WALI SONGO

Beneran ketagihan!!! Syifa dari balita sampe sekarang mau masuk SMP minimal sebulan sekali pasti kesana.
Wali Songo iku opo sih? Wali Songo itu toko buku Islam di daerah Kwitang (depan Atrium Senen), letaknya sejajar sama Toko Buku Gunung Agung (satu kepemilikan juga). Dulunya di sepanjangan jalan didepan Gunung Agung dan Wali Songo ini banyak penjual buku-buku bekas yang rame banget dan terkenal punya koleksi buku murah dan lengkap. Sejak 2 tahunan yang lalu (kalo gak salah) pedagang2 ini ditertibkan ato digusur oleh Pemda DKI, ada yang bikin kios di dekat situ (salah satunya si Buyung yang pernah nongol di film “Ada Apa Dengan Cinta” diperankan oleh Gito Rollies) yang lainnya mungkin bubar atau jualan di tempat lain.

Toko buku ini ada 4 tingkat, di lantai satu ada buku-buku Islam, dan yang istimewa dari lantai satu ini adalah “Children Corner”. CC dikelilingi buku anak-anak, digeletakkan begitu saja tanpa plastik sehingga anak-anak sesuka hati untuk melihat-lihat dan membaca. Melingkar di tempat ini disediakan karpet yang bersih dan terawat untuk lesehan, cukup leluasa untuk baca-baca sambil geletakan. (ini nih yang bikin Syifa ketagihan tahap 1)

Di kanan kiri tangga penghubung menuju lantai atas dipajang lukisan dan kaligrafi yang indah dan sedap dipandang mata (kaligrafi dan lukisan ini dijual lho gak sekedar pajangan). Saat-saat berbelanja murothal atau lagu-lagu nasyid akan terus mengalun yang membuat kita lebih betah berlama-lama karena pilihan nasyidnya bagus bagus.
 
Dilantai 2,3,4 ada pakaian muslim, sajadah, mukena dsb, ada juga madu, habbatusasuda dsb trus CD kaset Islami, dkk deh ya, pokoknya lengkap. Oh ya di basement ada mesjid yang luas dan adem dan kalo sabtu minggu selalu ada penceramah top yang ceramahnya diperdengarkan hingga di dalam Toko Buku bergantian dengan Nasyid dan Murothal.

Nostalgia sedikit, dulu sekali saat Syifa masih kecil dan Milta masih membersamai kami, biasanya ayah pergi ke Wali Songo hanya berdua Syifa naik mikrolet 32 jurusan Kampung Melayu trus sambung Mikrolet 01 jurusan Senen sedang aku sama Milta di rumah aja nungguin mereka berdua pulang bawa soto kaki.
Agendanya jelas, jalan-jalan di sepanjangan Kwitang liat-liat buku bekas dan berakhir di Buyung untuk beli buku, abis itu makan soto kaki yang endang guridandang di deket-deket situ juga (sayangnya sekarang sudah digusur). Setelah lelah dan kegerahan abis makan biasanya mampir dulu ke Wali Songo, ngadem. Syifa dilepas di Children Corner sementara ayah lanjut cari buku yang di Buyung gak ada. Syifa sibuk milih2 buku (selalu dibatasi 3 buku setiap kesana), sibuk glosoran, sibuk mainan, sibuk liat-liat gambar sesuka hatinya (ketagihan tahap 2). Setelah puas liat-liat buku biasanya pusing tujuh keliling ketika harus memutuskan 3 buku diantara banyak buku yang telah dipilihnya, diiringii dengan diskusi yang alot akhirnya diputuskan 3 buku mana yang dipilih, tak jarang sambil misek misek nahan air mata sampe kasir karena gak semua buku yang diminta bisa kebeli semuanya.
Sampe rumah biasanya jam 2 an, dengan kondisi tidur pules dan digendong dengan posisi kaki nglewer kemana-mana dari angkot sampe rumah. (maka dengan apa seorang anak perempuan bisa membalas cinta ayahnya???)
Acara masih berlanjut di sore hari, buku-buku belanjaan dikeluarin dari kresek trus berduaan sibuk nenteng stempel milik masing2. Kalo punya ayah bunyi stempelnya “Koleksi Pribadi T***h  **t**w** A**T*****” jebret jebret stempel deh di tiap bab-nya. Trus Syifa bunyi stempelnya setali tiga uang “Koleksi Pribadi A***** Syifa R********” jebret jebret stempel sesuka hati juga (ketagihan tahap 3) trus masih ada lanjutannya, sebelum sampul plastik dibuang, harga yang tertempel di plastik dikletek dulu buat ditempel di sampul belakang buku. Ini ritual wajib yang udah bertahun tahun selalu terjadi.
Yang jadi kenangan manis dari saat saat itu adalah ketika Milta juga pengen ikutan nyetempel, (ayah sudah menyediakan stempel bekasnya untuk di pake Milta nyetempel di kertas bekas). Acara ayah dan dua anak perempuannya ini akan berakhir ketika sudah gak ada lagi kertas yang bisa distempel. Sweet memori...

Sabtu kemarin sempet sempetin pergi berempat, soalnya sekalian aku mau cari buku resep (lagi demam masak yang aneh-aneh). Kata ayah di Wali Songo gak ada buku resep, ya udah buku resepnya cari di Gunung Agung aja masih deketan. Gempor juga milih milih buku sambil gegembolan Afkar yang gak brenti brenti tangannya ikut ngambil buku sampe jatuh jatuhan. Pungut lagi, jatuh lagi pungut lagi jatuh lagi.

Setelah dapet buku resep langsung cabut ke Wali Songo mau selonjoran sedang ayahnya seperti biasa ke Buyung dulu, meskipun Wali Songo dah mulai rame tapi Children Corner masih sepi soalnya baru jam 10.30, puas-puasan selonjoran deh sambil baca-baca buku. Afkar dilepas rambatan di pembatas besi, dari ujung ke ujung bolak balik gak ada capeknya. Kakak asyik baca di pojokan sesekali ngomel kayak nenek-nenek klo adeknya nampek2 buku yang dibacanya.

Jam 11.30 an ayah dah selesai berurusan sama Buyung dan Children Corner pun dah mulai rame, ya udah buku-buku pilihan kakak yang 6 biji disortir dulu jadi 3. Kali ini dah gak pake bingung lagi nyortirnya soalnya dah pinter milih.
 
Dijalan mampir dulu di PH, pesen pizza medium, bruzetta, lemon tea pitcher, sup dan salad. Sup krimnya Afkar sama Syifa suka soalnya guriiih bangeeet. Janji dalam hati gak boleh sering-sering (kenafffa takut MSG ya….bukan bukan.. takut sama harganya, kata emaknya lirih nyaris tak terdengar).ssssssssstttttt.
  

  

                                                                                                                            Sabtu, 01 Juni 2012





2 comments:

okha said...

saya ke toko buku wali songo terakhir tahun 1997,kadang seminggu sekalipasti ketoko walisongo, waktu itu masih kost di buncit 4,tinggal naik P20. sekarang saya di depok dan sudah berkeluarga, setelah membaca artikel satu yang "ketagihan ke Wali Songo" rasanya kangen sekali...... salam

Andayati said...

Dari Depok masih gak terlalu jauh kalau ditempuh dengan kereta. Hmmm sungguh menyenangkan bawa anak2 naik kereta lalu ke Wali Songo, monggo ditindaklanjuti rasa kangennya okha!!!