......berbagi resep berbagi cerita......

11 September 2012

Tiramisu Gak Pake Ribet

Pertentangan batin yang hebat antara mau bikin tiramisu, blueberry chese cake, rainbow cake, ombre cake atau red velvet cake. Semua jenis cake tersebut bahan2nya bikin dompet terisak-isak. Tapi bukan masalah itu (cieeeh, kalo tanggal muda masih bisa bilang bukan masalah dompet tho?), yang ombre cake, red velvet cake trus yang booming banget rainbow cake semuanya full colour.

Full colour kalo buat baju, asik-asik aja kali. Lha ini makanan yang mau kita masukkan ke badan kita, liat resepnya cukup bikin maju mundur antara tega gak tega.

Ya memang sih pakenya pewarna makanan yang notabene aman dikonsumsi dalam batas tertentu, cuman batas tertentu-nya ini lho yang kadang susah.

Sejauh ini masih bisa menahan diri dari godaan bikin (apalagi beli) cake2 yang genjreng itu, padahal rayuan dari kanan kiri makin hari makin kencang menerpa.

Baru-baru ini Syifa yang gencar provokasi minta rainbow cake buat ultahnya akhir tahun nanti mau dibawa ke sekolah buat temn-temennya. Aku coba tawarkan cheese cake atau tiramisu, sambil mbatin dalam hati …sekali-kali bikin rainbow gak pa pa kali ya…..(bisikan dari sebelah kiri)

Akhirnya aku bikinkan tiramisu minggu kemarin sengaja mau mengingatkan Syifa kalo tiramisu gak kalah lezatnya lho dibanding rainbow cake. Apalagi tiramisu new resep yang simple banget ini.

Beda dengan tiramisu yang pernah kuposting sebelumnya, tiramisu ini pake tepung tiramisu, dan agar2 bubuk. Mascarpone-nya pun aku ganti pake cream cheese merek Yummy. Dan satu lagi tiramisu ini gak pake telur.

Hasilnya, …”tiramisu yang ini mirip yang di cheese cake factory” kata Syifa (mungkin cuma mau nyenengin emaknya doang kali ya)

Sedangkan ayahnya yang wanti2 aku batasi satu potong, rupanya entahlah sudah berapa potong. Mudah-mudahan gak pa pa deh yah, karena kalo dilihat2 dari bahannya sih tergolong aman buat penderita asam urat.

Udah 2 lembar nggamblehnya sekarang saatnya resep dan deretan fotonya, silahkan dinikmati fotonya dulu sebelum praktek ya.
aku menyebutnya.................masterpiece

jadi sayang mau dipotong

TIRAMISU SIMPEL
by rumah maret
Bahan:
100 gram tepung zeesan tiramisu (campur dengan 125 ml air hangat)
250 gram cream cheese
200 gram Whip cream (mixer dengan 600 ml air es hingga kental)
1 sdt agar-agar bubuk (didihkan dengan 50 ml air)
Egg drop/marie biscuit secukupnya

Bahan kopi (aduk rata):
2 sdm kopi
4 sdm gula pasir
150 ml air panas

Bahan taburan (campur rata):
2 sdm coklat bubuk
1 sdm gula halus/icing sugar

Cara membuat:
1.    Mixer cream cheese dan agar2 hingga tercampur rata, masukkan whip cream kocok, mixer lagi hingga tercampur rata, lalu masukkan zeesan yang sudah dicampur air kocok lagi hingga rata. Sisihkan
2.   Tata egg drop atau marie biscuit didasar loyang bongkar pasang, perciki larutan kopi hingga basah.
3.    Tuang adonan cream cheese diatasnya, ratakan.
4.    Tata lagi egg drop/marie biscuit diatasnya. Lakukan hingga habis.
5.    Buat permukaannya bergaris2 dengan ujung sendok.
6.    Segera masukkan ke freezer.
7.    Setelah beku keluarkan dari freezer dan lepas loyangnya.
8.    Ayakkan campuran coklat dan gula halus diatasnya hingga rata
9.    Hias dengan buah favoritmu, lalu siap dipotong.

coklat bubuknya bikin gemes pengen ngabisin


dari arah manapun..look so yummy
 Tips:
Agar kocokan whip cream menghasilkan tekstur yang sempurna (tidak meluber) selalu gunakan air es yang benar2 dingin. Lakukan pengocokan dengan speed tinggi.

2 comments:

Anonymous said...

Mba mau tanya tepung zeesan kayak apa ya dan merk apa dimasukannya pas kapan ya soalnya ga ada di cara pembuatan nya termakasih

Khadijah

Andayati said...

Tepung zeesan yang warnanya putih agak kekuningan biasanya dijual di TBK2 besar spt titan (cm klo di titan 1 kemasan isinya 500 gram), kalo di Tbk yg di daerah senen (TBK ani klo gak salah namanya) itu disediakan 250 graman. Tanya sama mbak penjaganya pasti langsung tau jeng! Oh iya saya lupa menulisnya, maafkan ya, sudah tuh saya edit dikocok setelah whip crean ada di nomor 1. Tks atas pertanyaannya.