......berbagi resep berbagi cerita......

03 September 2012

Sagu Keju Bisa Diatur

Kedanan sama kue kering sagu keju sampe ngidam ketes waktu lebaran hari ketiga, mau bikin lagi kue kering yang lain masih banyak. Ini akibat serumah pada nyandu sagu keju, selama sebulan puasa itung itung bisa 6 toples sagu keju bablas. Kalo kayak gini caranya tahun depan lebaran nyetok sagu keju saja yang banyak.
Akhirnya nyerah juga, dirayu kanan kiri minta sagu keju lagi, hari keempat lebaran bikin dengan resep yang biasanya. Loh lalu kenafa resep sama kok diposting ulang?...Soalnya sagu keju yang ini memang diniatkan makan sendiri jadi bener bener kebangeten improvisasinya.
Pertama sagu gak disangrai, kedua pakem bahwa kue kering harus pakai gula halus pun dilabrak dipakailah gula pasir biasa. Terakhir masalah cetakan dipakailah cetakan uler yg bentuknya gilig gede2 biar adonan cepet habis (waktu nyetak dah terbayang gak bakalan kriuk kalo setebel ini).
Masalah cetak mencetak pun Syifa dah dikasih kepercayaan penuh soalnya mau dimakan sendiri salah gak pa pa.
Waktu mateng, kaget sekali sama hasilnya karena sagu keju versi ngawur ini ternyata rasanya kok mirip banget sama sagu keju yang ada di parcel yang kita dapat. Yang pasti enak kok, jadi kalo lagi males jangan ragu untuk menabrak-nabrakkan resep. Juga kalo lagi gak punya stok sagu ganti saja dengan kanji. Hyuuk
no sangrai no gula halus no ngotot-ngototan saat cetak

Sagu Keju
Fatmah Bahalwan

Bahan:
300gr   tepung sagu (sagu tani)
2 lbr     daun pandan
100 gr  margarine
50gr     mentega (butter)
150gr   gula halus
1 btr     kuning telur
100gr   keju edam, parut
50ml     santan kental Misal kara
Cara membuat:
  • Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
  • Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
  • Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  • Masukkan adonan kedalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang, semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
  • Oven selama lk. 40menit....(ingat kenali oven masing-masing, wkt dan suhu yg diperlukan, selalu lakukan test)

klo yang ini versi tepung kanji tanpa sangrai


No comments: