......berbagi resep berbagi cerita......

18 June 2013

Sambel Tomat Terasi



Dunia ini kadang-kadang memang aneh, liat tuh Obama cuma sekolah di Indonesia beberapa tahun aja bangga banget, saya aja yang dari balita sekolah di Indonesia biasa aja. Masih bagus yang bangga Obama, nah kalo yang bangga orang Indonesia jadi aneh, aah biarkan saja deh yang aneh tetap menjadi aneh.

Flashback ke tadi siang, makan kesekian kalinya Bebek Kaleyo yang di Tebet, heran deh semua cabang Kaleyo itu bukannya bebeknya sudah standar ya? Tapi menurutku yang paling enak kok yang di Tebet ini ya (yang sudah pernah kucoba yang di Rawamangun, Duren Sawit dan Tebet ini). Kalo sambelnya sih emang standar nyonyornya, wkwkwk.

Yang special di Kaleyo Tebet ada live music yang good quality, gak pake lama langsung request lagu kebangsaan saat long distance sama hubby dulu, yes lagunya “Seventeen” title “Jaga Hatimu” versi biola yang ya ampyunn lebih indah dari lagu aslinya. Lucunya waktu diawal sebelum nyanyi di announce begini “untuk meja nomor 58 yang request seventeen jaga hatimu, maaf cuma versi instrumentalia karena vokalis yang spesialis menyanyikan lagu ini belum datang”. Two tumbs up!!!

Oke-oke sekarang saatnya ngomongin resep, sederhana aja resep yang mau kuposting, resep sambel tomat terasi. Cuma sambel sih tapi bagiku sambel adalah hal paling penting karena sambel adalah nyawa dari sebuah makanan (asli lebayyyy pol). Melihat semua makanan enak, semua minuman enak, semua cake enak aku gak bakalan ngiler sumpe, karena aku cuma ngiler jika tidurku miring, whatttttt kirain mau ngomong “cuma ngiler jika liat sambel”!!!!

Resepnya aku ambil dari buku keluaran Saji berjudul Sambal Favorit Keluarga, dan percayalah sambel ini enak deh.
jarak jauh!

jarak dekat!
Sambal Tomat Terasi
Bahan:
12 buah (50gram) cabe merah keriting
8 buah (20gram) cabe rawit merah
4 butir (40gram) bawang merah utuh
1 ½ buah (150 gram) tomat merah, potong
½ sdm terasi goring ---yang good quality ya
½ sdt garam
1 sdt gula merah sisir

Cara Membuat:
1.       Goreng cabe dan bawang merah samapai setengah layu
2.       Masukkan tomat merah, Goreng sampai layu lalu angkat
3.       Uleh (boleh halus atau gradakan) sesuai selera aja. Tambahkan terasi, garam dan gula, uleg lagi hingga rata.

Tips:
Takut dengan cabe yang meleduk2 saat digoreng? Tenang hanya dengan memotong2nya sebelum digoreng cabenya jadi nurut kok.





Dinarasikan dalam subuh yang dingin masih dengan setting lolongan anjing tetangga yang menyerupai serigala serupa serial radio lawas “Saur Sepuh”


No comments: