......berbagi resep berbagi cerita......

20 June 2013

Sambel Krecek Tempe

OMG.......posting sambel lagi, nyuwun sewu nggih soalnya like dis banget sih bu!
Ceritanya punya stok kacang tolo yang sudah mulai mengenaskan kondisinya, gak dimasak-masak dari mulai beli cuma dipandeng-pandeng thok karena kalau masak kacang tolo pastinya yang makan cuma aku sama si embak. Jadi eksekusinya nunggu si koki ini bener bener "ngidam ketes" dulu biar masaknya gak mubaziron, gitcu.

Jadi ingat dulu pas acara buka puasa bersama di Rumah Maret pernah menyajikan sambel krecek ini (waktu itu gak pake tempe sesuai request peserta ifthor) dan Alhamdulilah diantara sajian lain yang serba "endang tralala" rupanya sambel krecek ini jadi favoritnya tamu, habis duluan. Kokinya tersenyum puas di pojok dapur sambil ngusap2 celemek dengan setting anak-anak yang narik-narik tanganku minta nambah es buah padahal lagi pada batuk pilek, oalaah!
piring saji pemberian Mbak Cici, suwun mbak!

Sajian lain yang ditunggu-tunggut saat ifthor di Rumah Maret adalah bihun goreng, pizza dan es buah. Makanan model kolek trus kue-kue basah, bronis dan cake (pokoknya yang tastenya manis) dijamin 100% gak ada yang nowel, maka mengikuti selera pasar menu yang asin-asin lah yang diperbanyak tentu saja masih ditambah gorengan, wow semaput gak tuh. Enggak wong makanan-makanan itu dah punya target sendiri2 kok maka gak semuanya dimakan sekaligus oleh satu orang, kayak pizza biasanya yang suka yang anak-anak s.d abg trus bihun biasanya emak2 dan bapak2, gitu.

Oke deh, sekarang saatnya resep, sambel krecek yang biasanya jadi temen makan gudeg ini sengaja aku bikin gak terlalu asin karena tujuanku mau digadoin. Untuk pedesnya boleh dimainkan cabenya sesuai selera ya. 

wes tha la, pokoke enak!

Sambel Krecek Tempe
ala Rumah Maret
Bahan:
125 gram kacang tolo (rendam semalaman lalu tiriskan lalau rebus hingga matang)
Krecek secukupnya (aku gak nimbang pokoknya  2 plastik satu kiloan itu)
1/3 papan tempe potong kotak-kotak
1 liter santan
15 cabe rawit merah kuning ijo campur aja
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk
1/2 sdm gula merah

Bumbu halus:
3 buah cabe merah keriting
3 buah cabe rawit
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt garam
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas

Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak goreng, masukkan rempah2, aduk2 hingga harum.
  2. Masukkan bahan lain, aduk rata lalu tuangi santan.
  3. Masak hingga kuahnya menyusut
  4. Lakukan koreksi rasa. Angkat lalau sajikan.




Menjelang dini hari, antara ngantuk dan enggak karena sudah moncer sejak pukul 12.30 ketika mendapat panggilan tugas jadi ibu "Mimi, mau cucu" kata Afkar.



No comments: