......berbagi resep berbagi cerita......

09 June 2013

DOUBLE EXPRESSO BROWNIES



Dari siang ada perasaan mengganjal yang tak bisa di-ejawantahkan dengan kata-kata, intinya perasaan janggal dan berasa ada yang tidak pada tempatnya hari ini. Galau lalu ngecek jilbabku ke cermin “udah bener kok tuh jilbab dipasang di kepala bukan di leher”. Mikir-mikir lagi dan kembali ke cermin memperhatikan bayangan tampangku sendiri  “iya masih pas-pasan kayak kemaren-kemaren”…lalu apa donggg.

Nyalain kompie, dan blogwalking baca sana baca sini cari inspirasi sambil momong Afkar yang lagi “super nggratak”. Buntu dan mampet tetap gak ada ide sebuntu dan semampet hidungku yang lagi flu berat. Oke nyerah, mending nulis resep yang singkat-singkat aja deh.

Pilihan jatuh pada resep Double Expresso Brownies dari buku berjudul BROWNIES terbitan Gramedia karangan Indriani. Aku pilih resep ini karena bahan yang dibutuhkan sesuai dengan stok di dapurku.
Kalo secara gambar sih kayaknya brownies ini setali tiga uang dengan brownies2 lain yang pernah kuposting sebelumnya tapi kalo dari segi rasa jelas beda karena brownies ini seperti judulnya ada rasa kopinya.
Oh iya, hingga tulisan ini diposting, sumber kekamp**tan yang bikin perasaanku mengganjal dari siang itu belum juga diketahui penyebabnya. Entahlah!

kutambahkan almod dipermukaannya
DOUBLE EXPRESSO BROWNIES

Bahan:
125 gram tepung terigu
2 sdt kopi expresso instan (aku pake Nescafe Classic)
½ sdt baking powder
¼ sdt garam
50 gram dark cooking chocolate
125 gram mentega
250 gram gula pasir halus
2 butir telur
½ sdt vanili ekstrak
75 gram kacang mete, panggang/sangria, cincang (aku pake kacang kenari sangrai cincang kasar)

Cara Membuat:

  1. Olesi Loyang ukuran 20 x 30 cm dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Panaskan oven 180
  2. Dalam wadah sedang, campur tepung terigu, kopi expresso, baking powder dan garam.
  3. Lelehkan cokelat dan mentega dengan cara ditim, aduk lalu angkat bila sudah meleleh coklatnya.
  4. Masukkan gula, aduk rata. Masukkan telur satu persatu, kocok setiap kali hingga tercampur rata.
  5.  Masukkan vanilli ekstrak, kacang dan campuran tepung, aduk rata.
  6. Tuang adonan ke dalam Loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 30 menit. Setelah matang dinginkan. Potong-potong.

Diketik tadi malem pukul 8 dan diposting pukul 3.15 dini hari dalam kesenyapan & nguantuk poll (cuma berhasil ngliyep 1 jam semalem)!

No comments: