......berbagi resep berbagi cerita......

06 June 2013

Kue Kering Bawang Keju/ Ciztik Bawang

Kemarin ngobrol ngalor ngidul dengan seorang teman, topiknya macam macam salah satunya dia bilang kalau dia suka bingung kalau mau memulai pembicaraan baik dengan teman apalagi dengan orang yang baru ditemui. Aku yang dari awal tak mampu menebak arah pembicaraan si teman ini (jangankan menebak arah pembicaraan dia menebak arah hidup gue aja gue pusing tujuh keliling wkwkwk) mulai paham dan ngasih saran super sotoy, eh kalau bingung nih gue kasih tips, mula mula kamu liatin tuh rambut lawan bicara dan kamu bilang "heiii, rambutmu bagus, beli dimana?" atau kamu bilang gini "eh kamu kalo ngomong cepet banget sih pasti sering lari ya? lari dari kenyataan maksudnya". Berhubung kedua saranku tersebut ditanggapai dingin terpaksalah aku keluarkan saran nomor 3: memulai pembicaraan ya natural aja, spontan jangan dipaksain kalau memang ndak punya topik ya udin deh, senyam senyum aja. Antara capek atau bosen akhirnya si teman menyudahi pembicaraan dan dia bilang "lu dodol gak sembuh2", yeee dodol kan bukan jenis penyakit (tapinya nama makanan khas Garut) ya nggak bakalan sembuh lah pren!

Hari libur beberapa waktu yang lalu keponakan yang sebaya Syifa main ke rumah, main berbi dah sampe wolak walik grembyang bosennya. Akhirnya kubuatkan adonan ciztik bawang dari buku terbitan Saji berjudul Kue-Kue Sajian Idul Fitri, pastinya mereka akan senang saat menggilingnya dengan gilingan mi.

Ternyata bukan saat menggilingnya saja yang membuat mereka exicited, saat memotongpun mereka exicited banget karena liat deh di gambar, pisau pemotongnya sengaja aku pake pemotong pizza yang bisa menggelinding gitcu.

inilah pemotong pizza itu


Dari berbagai literatur dan riset (ecieee dahsyat bahasanya) yang aku baca dan lakukan, katanya membuat kue kering itu makin oke jika makin sedikit bersentuhan dengan tangan, karena jika terlalu banyak bersentuhan atau bahasa kerennya overmix akan mengakibatkan tekstur adonan ngaret (dikarenakan terigu berbah jadi gluten) dan tekstur setelah matang agak lebih keras.

Maka dalam pembuatan ciztik kali ini aku pake hand blender (tulisannya begitu di kemasannya), selain dipake buat ngaduk ciztik blender jenis ini akan sangat bermanfaat buat bikin kuker lebaran, maka bela-belain aku beli sampe ke Toko Titan di Fatmawati, yang belum tau penampakannya dibawah ini ada gambarnya tapi maafkan ya agak ketutupan tanganku yang lentik dan halus mulus itu (balang wedges dimulaaaai).
hand blender dalam genggaman koki bertangan mulus

Taste akhir dari ciztik ini menurutku keasinan, jadi kalo lain kali bikin lagi aku akan mengurangi takaran garamnya menjadi 1/4 sdt saja.
Kue Kering Bawang Keju
Source: Saji

Bahan:
150 gram terigu protein sedang
1 sdt bawang putih bubuk
50 gram tepung sagu
75 gram keju cheddar parut
1 butir telur
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
2 sdm air es

Cara membuat:
  1. Aduk semua bahan sampai bergumpal
  2. Giling tipis di gilingan mi hingga ketebalan no 4 (paling tebal no 7)
  3. Potong bergerigi panjang 15 cm lebar 1 cm
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering
Tips
Giling 2-3 kali setiap nomor agar adonan benar-benar kompak dan licin




No comments: