......berbagi resep berbagi cerita......

22 June 2013

Cumi Asin Cabe Ijo



Hari kamis makan siang telat karena ada teman yang bertandang ke kantor dan saat kutanya dia bilang sudah makan, akhirnya ngobrol dulu dan maksiku molor sampe jam 2 lebih (gak masalah gak berasa laper juga kok). EEh tiba-tiba jam 3.30 perut melilit2 makin lama makin jadi (kupikir aku keracunan makanan dari kantin kantor nih secara kantin kantorku itu lunamaya joroknya). Diobatin sendiri gak mempan akhirnya jam 9.30 malem ke dokter, ealaaah rupanya aku sudah suudzon sama kantin, dokter says: bukan keracunan tapi asam lambung naik. Opo maneh iki seh?

Naik kok asam lambung, gak keren banget! Tapi apa boleh buat sudah kejadian. Menjelang pagi sudah mulai reda tapi masih feel not better, pagi-pagi sekali (for your info ya dikantorku orang-orang biasa berangkat kerja barengan kokok ayam) bela-belain ke kantor mengingat hari ini hari terakhir sebelum diklat (seminggu kedepan si emak dipanggil diklat di Pusdiklat Pajak Slipi). Rencana mau kerja setengah hari aja (tentunya yang setengah hari potong gaji ya sodara2), ndilalah kerjaan mengalir bertubi2 (sempet juga sih terkapar selama hamper 2 jam di mushola mumpung bapak2 pada sholat jumat).

Rupanya acara terkaparku gak gratis, karena menjelang sore ada kerjaan lama yang terlewat kukerjakan karena kecerobohanku “terselip” (I’m sorry Boss), dan karenanya aku harus pulang diatas jam 5 untuk menyelesaikannya. Alhamdulilah, akhirnya bisa kipas-kipas semua sudah kelar tinggal kemas2 dan cauuuu. Telpon hubby dulu minta ditungguin.

Tot tet, Dede bawa dua disposisi penting yang kayaknya agak merepotkan kalau dikerjakan orang lain, akhirnya molor lagi jam pulangnya. (Benar-benar daku harus membayar tidurku tadi siang rupanya ya) Ikhlas banget, semua sudah mencari jalannya sendiri2 kok. (masalahnya aku lupa nelpon hubby kalo aku telat). Whuaaaa I’m sorry honey!

Eh udah berlembar-lembar ya ngobrasnya, resep yang mau kuposting kali ini masih seputaran makanan yang bercabe-cabe, resep cumi asin cabe ijo dari Tabloid Bintang langganannya mamah. Dimakan bareng nasi yang masih panas2 udahan nendang, apalagi makannya ditengah sawah dengan setting kerbau-kerbau lagi makan rumput dan burung-burung bebas beterbangan dengan gerakan slow motion pula, waduh sempurna sudah.

CUMI ASIN CABE IJO
Bahan:
300 gram cumi asin, rendam air hangat
10 buah bace ijo
4 siung bawang putih
7 butir bawang merah
4 buah tomat ijo
3 lembar daun jeruk
2 ruas jari lengkuas, memarkan
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Goreng cumi hingga matang, angkat dan tiriskan
  2. Tumbuk kasar cabe, bawang dan tomat
  3. Tumis bumbu bersama daun jeruk dan lengkuas hingga harum
  4. Masukkan cumi, garam, dan gula pasir, aduk
  5. Masak hingga matang, angkat dan sajikan.



Dinarasikan sejak pukul 2.30 sambil mondar-mandir ke kamar Afkar, lagi aleman manggil-manggil mulu!

No comments: