......berbagi resep berbagi cerita......

29 April 2013

Garang Asem

Banyak kejadian siang hari ini yang bikin terguncang-guncangnya pikiranku, banyak hal mengejutkan tentu seputaran perilaku teman-teman kerja yang unik dan mokal, tak terduga. Untuk pren yang diam2 menangis disampingku, ingin sekali menghibur hatimu tapi dikau sudah berlalu sebelum aku sempat menyapamu, maafkan.

Lalu untuk pren yang selalu curiga dengan orang lain, maafkan teman aku cuma mau bilang "jika kamu mengira orang lain melakukan/tidak melakukan sesuatu sesuai perkataannya maka mulai detik ini kamu harus membiasakan diri untuk bermain-main dengan pikiranmu sendiri lalu tersesat karenanya". Poor of you!

Oh iya, siang tadi dapat hadiah makan siang (kubilang hadiah bukan traktiran karena "hadiah" lebih bernilai ibadah) dari atasan. Sebenarnya beliau tidak merayakan ulang tahun, tapi di beri hadiah makan siang siapa menolak bukan? Pilihan teman2 jatuh pada menu Bu Bandung, ikan pesmolnya enak dan sayangnya sayur asemnya terlalu manis. Menu andalan Bu Bandung yaitu empal gepuk rasanya masih sama enaknya seperti pertama mencoba. Sayang seribu sayang gak ada sambelnya. Over all sih oke, lain kali bakal mencoba lagi delivery order buat seruangan.
bahan2 sesuai stok saja
perdu jahe merahku pengen ikut mejeng!

Garang Asem
Bahan:
700 gram ayam kampung
1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 cm lengkuas, iris tipis
2 lembar daun salam, robek2
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
daun pisang untuk membungkus
10 buah belimbing sayur, belah2
150 gram tomat hijau, belah2
24 buah cabe rawit, biarkan utuh
15 butir bawang merah, iris tipis
8 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabe merah, iris bundar 1/2 cm

Cara membuat:
1. Cuci bersih ayam, lalu potong2 kecil
2. Taruh santan dalam wajan, jerang di atas api. Masukkan ayam kedalamnya, tambahkan lengkuas, daun salam, garam dan gula. Masak hingga ayam setengah matang, angkat, bagi menjadi 6 bagian.
3. Didihkan air dalam dandang. Tumpukkan 2 lembar daun pisang menjadi satu, taruh 1 bagian adonan ayam berikut santannya, tambahkan lengkuas iris, daun bawang, belimbing, tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan cabe.
4. Bungkus dan sematkan, lakukan hingga habis
5. Masukkan ayam bungkus ke dandang, kukus selama 45-60 menit hingga seluruh badan cukup matang, angkat.

For your info: ayam bisa diganti dengan ati ampela

----bersama senandung Ari Lasso Ariel Tatum, Tlah Denganmu----

No comments: