......berbagi resep berbagi cerita......

19 April 2013

CHOCOLATE MELT BROWNIES (ala Yenny Agogo)

Sudah lama sekali pengen coba resep yang terkenal banget di rimba raya NCC ini, bisik-bisik tetangga rasanya ueeenak tenan, cuman lagi mikir-mikir cari timing yang pas untuk eksekusi supaya pas bikin dapat diberikan penilaian yang jujur dan tanpa dipengaruhi kondisi apapun oleh para juri di Rumah Maret (ampun deh kayak bahasa skripsi aja deh). Maksudku disini adalah kadangan kita bikin makanan2 enak dalam waktu yang berdekatan, maka rasa enak itu akan jauh berkurang karena selain lidahnya udah setting ke jenuh juga faktor mati rasa (semua makanan enak kabeh).

Maka setelah sekian lama gak baking, akhirnya minggu kemarin sempet-sempetin bikin brownies ini. Cara bikinnya mudah banget gak usah mixer2an dan gak banyak peralatan (modalku cuma mangkuk beling obralan Kedaung sama whisk), aduk-aduk lalu tuang ke loyang, dan panggang deh. Seperti biasa cuciannya cuma mangkuk kotor dan seperti biasa juga tangan tetap halus ya haiii.
melt adalah segala-galanya!
Dan ini rupanya jadi pencapaian tertinggiku dalam menyajikan makanan terenak, ayah suuukaa dan daku dapat pujian, yes yes (dasar emak2 haus pujian). Kakak yang biasanya hanya suka brownies yang dipadu dengan es krim, kali ini nggremet terus gak brenti2 (tapi gak keluar2 juga pujiannya padaku secara lagi perang dingin gara2 daku melarangnya bermain "api" whaaaat!)

Aku sisakan setengah loyang dan kusimpan di wadah kedap udara (mungkin kedap suara juga kali ya) karena rumor/underground theory bahwa brownies akan lebih mantap setelah diinapkan, baiklah aku coba teori ini. Keesokan harinya mamah berkunjung dan kusuguhi brownies ini, beliau suka dan aku bungkus sisanya buat dibawa pulang. Jadi teori tersebut di atas secara resmi kunyatakan belum kuuji karena brownies yang menginap ini keburu berpindah tangan sebelum sempat kuicipi.

Bedanya dengan brownies biasa adalah di coklat couverture yang dibiarkan dalam bentuk blok ditengah2 adonan, akibatnya saat keluar loyang, tu coklat blok meleleh-leleh (melt) dan itu surga buat para penggemar coklat. Check this out ya resepnya!

pencahayaan yang pas adalah segala-galanya juga

CHOCOLATE MELT BROWNIES AGOGO
by Yenny Agustin

Bahan :

150 gr gula kastor
100 gr terigu protein sedang
100 gr mentega
100 gr dark cooking chocolate (versiku pake 130 gram)
coklat couverture potong kotak2 (versiku pake 70 gram)
2 btr telur
kacang almond panggang
vanili (versiku pake 1 bungkus serbuk vanili)
finally, back ground & accesories pemotretan adalah pamungkasnya, yes!
Cara Membuat :
  • Lelehkan mentega dan dark cooking chocolate sampai lumer
  • Tambahkan gula, aduk sampai rata, masukkan telur, vanilli, aduk rata.
  • Masukkan terigu dan terakhir masukkan kacang yang sudah dipanggang (Jumlahnya sesuai selera)--->versiku pake kacang tanah panggang yang ditumbuk kasar. Aduk rata.
  • Siapkan loyang brownies yang sudah dioles mentega dan ditaburi terigu.
  • Tuang setengah adonan kedalam loyang, lalu tata coklat couverture blok diatas adonan, lalu tutup dengan sisa adonan---> versiku terakhir ditabur almon panggang
  • Panggang sampai matang.--->versi oven listrikku 35 menitsuhu 190 atas bawah.
  • Diamkan sebentar, potong-potong dan sajikan hangat.


No comments: