......berbagi resep berbagi cerita......

09 April 2013

Choco Cotton Cheese Cake

Tepat pukul 2 malam, saat tepat untuk cuap-cuap bem bem bem di blog ini (enggak sih harusnya saat tepat untuk molor tralala). Secara tadi siang lelah banget abis dari Asemka hunting ATK sama Retno, Yuni dan Mas Didik buat isian goodiebag acara santunan pada ulang tahun kantor yang pertama. Pertama kalinya ke Asemka dan asli norak banget karena daku yang nggumunan ini terbengong-bengong liat barang-barang yang biasanya mahal gila (baca mahal bangetttt) kalo di Gramedia, disini mure banget.

Acara bengong-bengongnya gak pake lama sih karena daku segera tersadar untuk segera sabet sana sabet sini, alhasil gesekan ATM tadi pagi pada wasalam semuah (ya ampyunnn padahal di akhir bulan kemarin aku sudah berjanji dalam hati bahwa bulan ini bakal "taubatan nasuha" gak akan belanja2 lagi barang barang yang hanya masuk kategori WANT bukan NEED. Ini karena bulan kemarin terlalu seru shoppingnya jadinya saldo minus di akhir bulan). Tapi rupanya kapok lombok berlaku banget disini, abis kepedesen pengen nambah lagi. Susah sekali ya membedakan mana yang want mana yang need. Kalo udah begini biasanya mengadu pada ustad-ku tercinta (Bapak Teguh) dan seperti biasa nasehatnya adalah begini "intinya mengendalikan diri, Mi" huaaa ayah mirip Zainuddin MZ ya.

Tapi setelah kupandangi dalam hening malam yang sunyi ini (waduh bahasane) ternyata barang-barang yang tadi siang kubeli itu masuk kategori NEED semua kok (menghibur diri), soalnya Abang Afkar (dipanggil Abang berharap bisa punya adek lagi-----si emak lagi gak sadar usia) bulan ini ultah jadinya kubelikan kado drumb band yang lumayan gede itu (160 ribu saja) sama bola MU (75 ribu saja) yang pastinya akan disambut meriah.

Terus buat Kakak biar gak ngiri dibeliin tip-ex yang model baru, pencil mekanik sekalian isinya masing-masing selusin (dan benar girang banget pas kukasih katanya mau bagi2 buat sohib2nya). Apa kata Kakak aja dweeeh.

Ampun deeh, kapan nih posting resepnya???? sudah 2 lembar tuh ngobrasnya! Baiklah ini dia resep choco cotton cheese cake dari buku 50 Resep Cheese Cake Variatif keluaran SEDAP.
akibat gak pake cream tar tar (adonan kurang terangkat diujung2nya)
fillingnya belum dingin jadi tak rapi pas dipotong, maafkan ya!

Choco Cotton Cheese Cake
Bahan cheese cake:
150 gram mentega tawar
120 gram tepung terigu protein sedang
50 gram coklat bubuk
175 gram susu cair
200 gram cream cheese, lembutkan
2 butir telur, kocok lepas
200 gram kuning telur, kocok lepas
1 1/2 sdt cokelat pasta
400 gram putih telur
1/2 sdt garam
1 sdt cream of tar tar (aku ganti SP)
300 gram gula pasir

Bahan Filing:
150 ml krim kental
200 gram dark cooking chocolate (pake white chocolate), lelehkan, dinginkan

Cara Membuat:
1. Cheese cake: Panaskan mentega tawar sampai leleh. Matikan api. Tambahkan terigu, bubuk coklat dan pasta coklat. Aduk sampai kalis. Sisihkan.
2. Panaskan susu cair asal hangat. Masukkan cream cheese. Aduk sampai larut di atas api kecil.
3. Tuang sedikit2 ke dalam telur. Aduk rata.
4. Tuang sedikit2 ke campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Sisihkan
5. Kocok putih telur, garam, dan cream of tar tar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit2 sambil dikocok sampai mengembang.
6. Masukkan campuran tepung terigu sedikit2 ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk perlahan.
7. Tuang di 2 buah loyang 24x24x4 cm yang dialas kertas roti tanpa oles margarin
8. Letakkan di loyang yang lebih besar yang sudah diberi sedikit air.
9. Oven 55 menit dengan api bawah suhu 160 derajat sampai matang. Angkat dan dinginkan.
10. Filling, panaskan krim kental. Matian api. Masukkan potongan DCC. Aduk sampai larut. Dinginkan dalam lemari es. Kocok sampai mengembang.
11. Ambil selembar cake. Oleskan bahan filing. Tumpuk dengan cake yang lain. Dinginkan dalam lemari es.

Tips: Pastikan kue benar2 dingin sebelum dipotong agar filling tidak bernatakan.







No comments: