......berbagi resep berbagi cerita......

12 March 2013

FUSION STEAK



Hari minggu, sepulangnya belanja bulanan, Syifa bisik2 “Yah…udah lama gak makan steaknya 21”, me langsung nehi-nehi soalnya kalo makan ke 21 minim 200 ribu pasti Wasalam, padahal kalo bikin steak sendiri budget 70 ribuan dah bisa untuk 4-5 porsi sudah include lemon tea homemade seember dan tentunya kentang goreng sekarung (huaa seember sama sekarung mau ngapain tuh……mau ngurug!).

Ayah yang memang kurang kuat iman kalo menyebut kata “steak”, akhirnya kedap-kedip dan aku langsung paham and say: “yang bayar ayah kan maksudnyaaaa”. Yuuk maree.

Dipesanlah prime terderloin steak reguler (85an plus tax) and lemon tea (15an) for ayah, paket combo tanpa minuman 130an (satu sirloin steak, satu fish steak, satu french fries, satu banana split).

Saatnya makan dimulai dan ayah menyisakan 4 potongan yang lumayan gede dipiringnya lalu mulai mlipir ngajak jalan-jalan Afkar. Tumben, gak abis! Akhirnya aku icipin (baca ngabisin soalnya sayang jeh) dan ya ampyuuun pantesan gak abis, beralih ke piring Syifa and taste better.

Saat perjalanan pulang terjadilah percakapan yang bikin aku nyaris semaput:
Ayah: “enakan steaknya umi di rumah” (kuitung2 selama perjalanan yang cuma 7 menitan udah 3 kali ngomong kayak begini nih….ecieeee)
Syifa: “punyaku lumayan kok yah”

Lantas bagian semaputnya dimana ya? Itu tuh si emak belakangan ini jarang dipuji jadi sekalinya dipuji “steak bikinan rumah lebih enak” rasanya mau semaput saking senangnya.

Karena sudah berkali-kali bikin steak dengan resep yang berbeda, akhirnya me sebagai koki minta penegasan steak yang kapan yang dibilang enak itu dan jawabnya adalah crispy steak yang tempo hari kuposting disini lalu chicken marinated yang ini dan fusion steak yang kubuat 2-3 mingguan lalu. Ini dia resep fusion steak-nya, monggo dicoba, gampang, cepat dan gak banyak mengotori perabot, jadi cucian pring pun dikit so tanganpun tetaaaap halus seperti tanganku (balang sepatu dimulai…).

belum disiram bumbu saja sudah yummy begini!
well done, please!

Fusion Steak
Source: Primarasa Seri Daging Rendah Lemak
Bahan:
6 potong (@ 100 gram) daging steak tenderloin-------aku pakai daging has dalam, 1kg di pasar 85-100an.
1 buah kaldu blok, larutkan dalam 75 ml air
4 sdm minyak zaitun ---yang ini selalu kustok biasanya buat bikin pizza juga soalnya
2 sdm kecap manis
1 sdm brown sugar
2 siung bawang putih, haluskan
½ sdt jahe parut
½ sdt oregano kering ----disupermarket dijual didalam botol tapi gak pake ya gak papa

Pelengkap:
Kentang rebus----aku: kentang goreng
Baby wortel rebus----ndak pake
Baby buncis rebus----ndak pake

Cara membuat:
1. Taruh daging dalam wadah, jangan saling bertumpuk. Campur kaldu, minyak zaitun, kecap manis, brown sugar, bawang putih, jahe, dan oregano dalam mangkuk, aduk.
2.     Tuang campuran kaldu ke dalam wadah berisi daging, diamkan selama 1 jam atau lebih dalam lemari es. Bolak balik dagiang agar bumbu meresap.
3. Panaskan wajan steak, tiriskan potongan daging dari perendamnya. Panggang sambil dibalik-balik selama 4 menit pada tiap sisinya atau hingga tingkat kematangan yang diinginkan, angkat.
4.   Masukkan sisa cairan perendam ke dalam panci saus (panci kecil, masak dengan api kecil hingga mendidih, angkat. (versiku kutambahkan 1 sdt saos sambal)
5. Taruh steak di atas piring saji, hidangkan selagi panas bersama saus dan pelengkapnya.

No comments: