......berbagi resep berbagi cerita......

18 February 2013

Crispy Beef Steak

Waktu makan di Burger & Grill Syifa pesan steak yang pake tepung (lupa namanya), dagingnya tipisss sekali dan rasanya gurih, dipadu dengan sausnya yang tak terlalu kental cocok. Tapinya selesai makan Syifa masih keliatan laper karena steak jenis yang ditepungin ini cuma jogrokannya aja yang besar dagingnya sih gak adaan jadi seperti cemilan yang gak ngenyangin.

Icip punya icip, ealah kalo tastenya begini doang sih daku juga bisa bikin hay (sombong si emak!), dan mulailah mengira2 resepnya, tapi tiap mau praktek kok yo males banget karena terbayang bakal seperti bumbu ayam tepung yang butuh beberapa bumbu yang ditempatin terpisah2 itu.

Nah lama-lama kesampean juga akhirnya bikin karena punya stok sukiyaki blanjaan Giant, beli sekotak yang udah ada harganya itu lho. Aku pilih yang lebar, kira2 selebar steak yang di jual B&G itu.

Sebenernya gak ada yang susah di cara memasaknya, tapi prosesnya yang cukup panjang inilah yang bikin awang-awangen, tapi kalo sudah mulai sih asik-asik aja mak, dan terpenting sepadan sekali dengan hasilnya.

Ayah kutawarin gak mau, akhirnya bikinlah 2 lembar sukiyaki  buat Syifa makan sore (harusnya pake salad dan kentang tapi Syifa request pake kentang aja alesannya barusan gadoin sayur bayemnya Dede semangkuk, halah padine).
dagingnya tak tertutup sempurna karena campuran tepungnya entek

Dan komen asli Syifa tanpa kuedit adalah : “mi, ini sih jauuuh lebih enak daripada steaknya Burger & Grill”, dan ngomong “enak bangetnya” sampe 3 kali. Ayahnya yang terprovokasi nyobain 2 gigit, dan sudah bisa ditebak, minta dibuatin juga (si koki menepuk dada dan berkata dalam hati “jangan remehkan masakanku hay”). Lho yah katanya tadi gak mau, dan jawabnya “kirain tadi mau masak yang berat2” , apa kata ayah aja dehhh.

  
piring terakhir yang untungnya sempat difoto

ini yang pakai daging ayam jenis fillet

kentangnya bikin sendiri lebih tipis dan crunchy lho

Crispy Beef Steak
Ala Blog Rumah Maret

Bahan steak: (campur rata diamkan 15 menit)
8 lembar daging sukiyaki (yang lembaran2 tipis itu lho)-----bisa diganti daging ayam fillet yang tipis lebar (jangan lupa dipukul2 dengan pemukul daging yang bergerigi)
1 sdt kecap asin
¼ sdt lada bubuk

Bahan tepung (aduk rata dan taruh di piring ceper):
9 sdm tepung terigu
2 sdm tepung sajiku
1 sdm maizena
¼ s/d ½  sdt lada bubuk

2 butir telur kocok lepas (taruh dipiring ceper)

Bahan saus:
1 sdm mentega
4 siung bawang putih (diparut atau bila menyukai tekstur yang agak kasar, boleh dicincang saja)
½-1 butir bawang Bombay (diparut/cincang)
2 buah tomat besar (rebus buang kulit dan isi lalu hancurkan dengan garpu)
1 buah kaldu blok
3 sdm saos tomat/saos sambal
1 sdt gula
¼ sdt garam
350-400 ml air

Cara Membuat:
Saus:
Panaskan mentega/margarine masukkan bawang putih dan bombay, tumis hingga harum, masukkan tomat, gula, garam, kaldu blok dan air. Aduk rata lalu masukkan saos tomat. Didihkan beberapa saat (sekitar 5 menitan), cicipi dan bila belum pas tambahkan gula or garamnya.

Steak:
1.    Lapisi daging dengan tepung hingga rata, pindahkan ke piring telur balik-balikkan hingga terlapisi telur, lapisi lagi dengan tepung lalu goreng dengan minyak yang cukup hingga kecoklatan. (jangan lupa dibalik-balik)
2.    Taruh steak di piring, lalu siram dengan saus (bila perlu saus dipanaskan dulu sebelum disiramkan supaya maknyuss)---siramkan bumbu sesuai kebutuhan/selera
3.    Sajikan bersama rebusan buncis, wortel dan kentang goreng.

No comments: