......berbagi resep berbagi cerita......

31 March 2013

Cheddar Cheese Cake



Long week end, gak kemana-mana mendem di rumah sudah betah banget, apalagi stok bahan-bahan cooking and baking lagi available semua jadi merasa tak kurang suatu apa. Yang jadi masalah justru si kokinya lagi males masak makanan yang sudah pernah dimasak pengennya masak makanan yang belum pernah dimasak sebelumnya, menjadi sulit karena request kanan kiri mintanya makanan-makanan yang njelehi banget macam pizza, bolu pisang,  etc etc yang ampyunnn deh daku bosen banget bikinnya.

Akhirnya tiap pagi selama libur tiga hari ini keluyuran sepedaan di sekitaran BKT, dan tak lupa disana pake acara ngomel tralala karena habitnya masyarakat kita ini memang ndableg, sudah tahu ya kalau kawasan BKT itu memang diperuntukkan untuk jalan santai dan sepedaan (sudah dibikin penghalang-penghalang sehingga motor gak bisa masuk situ) eallaah, penghalang-penghalang itu disingkirin beramai-ramai dan motor2 itu akhirnya bebas ikut lalu lalang diantara kita2 yang lagi santai bantai cari udara pagi yang bebas knalpot disitu. Cuma bisa bengong karena orang-orang dengan high temperament gitu kalau ditegur dikit pastilah menggonggong (eh salah maksudnya menyalak eeh sama aja pokoknya intinya mereka bakal siap ribut kalau ada yang berani-berani negur).

Selesai ngomel tralala, acara rutin dimulai foto-foto norak-norak bergembira bersama keluarga, lalu duduk-duduk dipinggiran lempar-lempar batu ke kali ala film jadul GITA CINTA DARI SMA, aiiiih lengkap sudah kenorakan kita.

Resep yang mau kuposting dibawah ini sudah 2 kali ku ujicoba, dan yang difoto adalah foto hasil uji coba pertama (waktu itu bikin 2 resep). Ayah suka polos tanpa toping, Syifa suka dengan toping blueberry, sedang Afkar suka dikasih lelehan susu kental manis. Kalo daku gak usah dbahas deh hai, namanya juga pemakan segala.

Resep Cheddar Cheese Cake ini kuambil dari sebuah blog disini resep dibuat oleh Alex Goh dari buku Baking Code. Dalam resep disebutkan kejunya pake cheddar slice tapi karena stok keju ku adalah cheddar cheese filing maka kuganti dengan jenis itu.

Penyuka cheese cake gak akan menyesal mencobai jenis ini karena menurutku cheddar chese cake ini jauh lebih ringan dibanding cheese cake-cheese cake jenis yang pakai sour cream.
Si Pinky ikutan mejeng tanpa sengaja
lembut dan tentu saja satu potong gak pernah cukup
mulus diluar lezat didalam
Cheddar Cheese Cake
Source: Baking Code by Alex Goh

Bahan:
130 gram susu cair
40 gram butter
125 gram slice cheddar cheese
20 gram tepung terigu (me pake segitiga)
15 gram maizena
2 kuning telur
3 putih telur
80 gram gula pasir
Cara Membuat:
1.    Panaskan susu, butter dan cheddar. Aduk terus sampai keju mencair. Angkat.
2. Masukkan tepung terigu dan maizena yang sudah diayak ke dalam campuran susu tadi. Aduk rata.
3.    Masukkan kuning telur sedikit sedikit ke adonan susu, aduk sampai rata.
4.    Kocok putih telur sampai setengah mengembang, lalu tambahkan gula pasir aduk sampai soft peak
5. Masukkan kocokan putih telur secara bertahap ke adonan pertama tadi. Aduk rata.
6.  Tuang ke dalam loyang diameter 18 cm tinggi 7 cm yang sudah diolesi mentega dan alasi kertas roti (alas & sisi loyang)
7. Panggang dengan cara au bain marie selama kurleb 50 menit dengan suhu 150 derajat.
8.   Setelah matang langsung keluarkan cake dari loyang. Dinginkan diatas rak kawat.

For your info:
*Panggang au bain marie: panggang dengan cara tim, namun disini saat cake masuk air yang buat timnya harus sudah dalam kondisi panas.
*Versiku, setelah cake matang kubiarkan hingga dingin dulu di oven baru dikeluarkan. Mengeluarkan cakenya harus ekstra hati-hati karena cake-nya fragile banget, kerok melingkar disekeliling  loyang perlahan sebelum dikeluarkan akan sangat membantu membuat bentuk cake tetap cantik saat akan disajikan.




No comments: