......berbagi resep berbagi cerita......

14 March 2013

Brownie Sundae


"Sepotong brownie yang legit dengan es krim vanilla yang harum dan siraman saus cokelat yang kental, sungguh pencuci mulut yang lezat bukan main"

Puas banget bikin dessert ini tempo hari soalnya satu resep ini langsung ludes des. Sudah bikinnya tanpa mixer yang brisik, juga gak pake pengembang, jadi pede saja waktu Afkar minta lagi dan lagi.

Lengkap sudah sekarang, penghuni Rumah Maret semuanya ternyata "chocolate monster". Kalo sudah begini coklat lelehnya yang harusnya cuma jadi pemanis saja jadi rebutan karena hubby yang pertama colek-isep colek-isep pakai tangan lalu anak-anak ngikutin, emaknya cuma bisa memandang dengan tatapan galau (halah).

Menurutku brownie ini juga enak dimakan tanpa es krim, dan seperti pada umumnya brownies lain, brownie ini juga akan makin legit bila dimakan esok harinya (disimpan dalam wadah kedap udara tentunya).

Tadi sudah kubilang di atas kalo brownie ini lezat bukan main, jadi maaf juga kalo sekarang si koki ini mau bilang bahwa brownie-brownie sundae jajan di luaran, lewat deh. So tunggu apalagi, ayo ke dapur mom.



Bahan:
Brownie
margarin untuk olesan
50 gram tepung terigu
25 gram cokelat bubuk
1/4 sdt garam
50 gram mentega tawar (unsalted butter)
100 gram coklat masak pekat, cincang
75 ml krim kental (thick cream)
3 butir telur
150 gram gula kastor

Pelengkap
es krim vanilla chocochip (atau sesuai selera)--aku pakai es krim mocca
saus cokelat: 150 gram coklat masak pekat (dark cooking chocolate) cincang dan 150 ml susu/krim kental



dimakan tanpa es krim juga enak brownienya

Cara Membuat:
1. Brownie: Panaskan oven pada suhu 180, olesi loyang ukuran 20x20x3cm dengan margarin, alasi dengan kertas roti. Ayak tepung bersama cokelat bubuk, dan garam, sisihkan.
2. Lelehkan mentega dan cokelat masak dengan cara ditim, angkat. Masukkan krim kental, aduk.
3. Kocok telur dan gula kastor dengan pengocok kawat hingga gula larut, masukkan campuran coklat-krim, kocok rata. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata.
4.Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, panggang dalam oven hingga matang (30 menit). Keluarkan loyang dari dalam oven, biarkan hingga dingin.
5. Keluarkan kue dari loyang, potong-potong ukuran 5 x 5cm. Letakkan 1 potong brownie di atas piring saji, taruh 1 skup es krim vanilla choco chip di atasnya. Beri saus cokelat dan taburi kacang tanah sangrai cincang (bila suka), hidangkan segera.

dipotong kotak kecil2 dan Afkar bilang "mau agiii"

No comments: