......berbagi resep berbagi cerita......

08 February 2013

Pizza Kentang / Potato Pizza

Sudah lama sekali bikin potato pizza ini cuman agak lelet posting karena buku Primarasa yang seri Pizza-Pizza nyelip gak ketemu2. Nah berhubung sekarang sudah ketemu maka inilah saatnya menikmati pizza yang empuuuuk ini.

Tambahan kentang 1 ons pada adonan rotinya sungguh membuat pizza ini lebih mumpluk dan kata Syifa, dimakan tanpa toping pun sudah enak.

Satu resep ini jadi 2 loyang pizza, dan ya ampun aku sama embak cuma kebagian sepotong2 selebihnya wasalam sama ayah dan Syifa. Topingnya bisa diganti-ganti sesuka hati, kalo asli di resep tetap kutulis ya, siapa tahu ada yang mau coba sesuai resep.


2012-11-18 06.53.44
walopun bukan mozarella, cheddar melted cukup membuat topingnya saling melekat

2012-11-18 06.29.44
ekstra keju di pinggiran (pizza sebelum dipanggang)

Potato Pizza
Source: Primarasa seri Pizza-Pizza
Bahan kulit:
250 g tepung protein tinggi
100 g kentang kupas, kukus hingga matang haluskan
7 g ragi instan
1 sdt garam
1 1/2 sdt gula pasir
250 ml air hangat
1 sdm minyak zaitun

Taburan/toping:
200 g sosis ayam besar (ganti daging cincang)
200 g jamur kancing kalengan (ganti paprika hijau dan merah)
1 buah bawang bombai merah (pake bombay biasa)
2 sdm minyak zaitun
200 g keju mozarella, parut (pake cheddar melted)
2 sdm rosemary cincang (gak pake)
1/2 sdt lada hitam tumbuk kasar
4 sdm keju parmesan (pake cheddar melted)

Cara Membuat:
1. Kulit: Taruh tepung terigu, kentang lumat, ragi, garam, dan gula dalam mangkuk. Tuangi air hangat, uleni hingga menjadi adonan yang rata. Tambahkan minyak zaitun, uleni hingga kalis. Tutup mangkuk dengan plastik. Diamkan hingga mengembang 2 kali semula.
2. Taburan: Iris melintang tipis sosis ayam. Iris tipis jamur kancing. Belah dua melintang bawang bombai, lalu iris tipis.
3. Olesi 2 buah loyang pizza diameter 22 cm denganmargarin. Panaskan oven pada suhu 200 C. Kempiskan adonan dengan cara ditinju. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama besar, bulatkan.
4. Ambil 1 buah adonan, taruh adonan di tengah2 loyang, kemudian ratakan hingga menutupi seluruh permukaan  loyang. Perciki permukaannya dengan minya zaitun. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga matang (15 menit)
5. Keluarkan loyang dari oven, atur sosis jamur dan bawang bombai di atasnya. Taburi permukaannya dengan keju mozarella, rosemary dan lada hitam
6. Nyalakan api atas oven. Masukkan loyang ke dalam oven, taburi dengan keju parmesan. Potong2 dan sajikan selagi panas.

No comments: