......berbagi resep berbagi cerita......

07 November 2012

Parmesan Cheese Stik

Bikin cheese stick ini punya 3 tujuan, mau bikinin cemilan anak-anak, mau ngabisin stok edam, dan mau ngisi toples kantor yang sudah lama suwung (for your info ya supaya aku tidak disangka mulia hati bikinin buat kantor, yang ini diganti uang kas kok...siip lah). Sesuai banget sama resep jadi bikin pake gilingan mi yang kecil2 itu, semangkuk pertama dimakan Syifa sambil geletakan depan tipi. Pas ditowel towel adiknya mau nyuwun, jawabnya "Dek, jangan ganggu kakak..lagi mabuk keju nih" ha ha ha. Jelas aja wong semangkuk dicemilin sendiri dalam sekejap. Resepnya aku ambil dari buku terbitan NCC, yang dibawah ini aku kopikan dari website-nya, yuuk dicoba dan serahkan urusan giling menggiling pada anak2, pastilah mereka happy, kayak Syifa bahkan yang udah digiling dibikin lembaran lagi untuk digiling ulang.


Parmesan Cheese Stick
:: Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan:
300 gr      tepung terigu
200 gr      tepung sagu
1 sdt        garam
4 btr        telur
30 gr        mentega
100 gr      keju parmesan, parut (aku pake edam) 
Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, tepung sagu dan garam halus, aduk rata. Buat cekungan ditengahnya.
  2. Masukkan telur, aduk rata, beri keju parmesan, aduk dan uleni sampai bergumpal, tambahkan mentega, uleni terus hingga kalis.
  3. Tipiskan adonan dengan bantuan mesin giling mie, secara bertahap hingga paling tipis. Taburi tepung sagu, teruskan menggiling dengan pisau mie lebar.

  4. Panaskan minyak jumlah banyak, goreng chees stick hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Kemas dalam wadah rapat.

No comments: