......berbagi resep berbagi cerita......

03 July 2012

PIZZA PAKE TEFLON

Serius bisa bikin pizza pake Teflon, yap. Idenya datang dari temen seruangan, Enggar yang Senin pagi minggu lalu cerita telah berhasil menaklukkan pizza dengan dobel pannya dan ternyata anak-anaknya suka, langsung ambil kesimpulan berarti lak yo enak tenan tho kalo anak-anaknya suka,  lidah anak-anak  kan ndak  nipu. Akhirnya minta copy resep dan setelah dibaca-baca merasa yakin kalo pake teflon pun bakalan mateng karena bentuk rotinya pipih dan topingnya  sudah dimatengin dulu pake ditumis. Yang perlu diberi perhatian adalah teflon harus ditutup pake tutup yang telah diikat serbet bersih supaya uap pada tutupnya gak netesin rotinya (seperti ngukus bolu) pada saat memanggang.
Akan sering diulang nih bikin pizza soalnya masaknya simpel dan bisa disambi-sambi, ayo ditambahkan jadi salah satu menu berbuka, tinggal dimainkan aja topingnya sesuai request dari anak-anak dan juga ayahnya tentunya ya emak-emak. Nih tak uncalke resepe, tangkep ya!

Ini pizza versi kriuk pesanan Syifa

PIZZA PAKE TEFLON
 
Pizza kriuk sebelum dipotong



Bahan Roti:
1 kg terigu protein tinggi
1 sachet ragi (fermipan)
1/2 sdm garam
1 sdm gula pasir
6 sdm minyak sayur
500ml air dingin


Pizza empuk sebelum dipotong

Bahan Topping:
1 siung bawang bombay
1 siung bawang putih
Sosis 
Jamur
Daging cincang
Keju Mozzarella/cheddar melted
Saus tomat


Yang ini versi empuk menul2 yang direquest Ayah

Cara membuat:
1.  Aduk semua bahan roti menjadi satu kecuali air. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kalis. Lanjutkan sampai adonan menjadi benar-benar elastis. Biarkan dalam wadah tertutup.
2.  Tumis bawang putih sampai wangi, masukkan bawang bombay. Aduk hingga layu. Masukkan daging cincang, sosis dan jamur. Sisihkan.
3.  Olesi teflon ukuran 18" dengan minyak/mentega secukupnya.
4.  Ambil adonan secukupnya, gilas adonan menjadi pipih. Simpan di atas pan diamkan selama 15 menit (didiamkan 15 menit supaya adonan roti menjadi lebih empuk tapi kalo gak sabaran yo monggo kalo mau langsung dipanggang empuk juga kok tapi kurang perfect dibanding yang didiamkan dulu 15 menit), lalu taburkan parutan keju mozarella, tambahkan tumis daging cincang dan jamur, sosis dan saus tomat. Tutup lagi dengan keju mozarella.
5.  Panggang di atas api paling kecil dengan pan tertutup. Angkat saat keju mozarella sudah meleleh semua dan dasar roti sudah kecoklatan.
Catatan:
Satu resep bisa jadi 6 pan pizza
Jika menghendaki pizza yang kriuk, adonan rotinya silahkan ditipiskan


Janji, lain kali bikin saos sendiri



Yang ini jatahku



Yang empuk ini juga direquest sama Mamah


5 comments:

wisnu said...

pancen uenak mbaaaa :D

Audee said...

Barusan bikin (sesuai resep dan pake teflon) dan segera habis disantap seluruh keluarga :D

Ini pizza kedua-ku ~ yang pertama nggak sukses karena adonan roti pizza-nya kurang kalis atau mungkin kebanyakan air.

Terima kasih udah berbagi resep yang praktis ini!
Bikinnya cepet dan topingnya bisa ganti-ganti sesuai selera :)

Andayati said...

Pizza teflon walo gak sedahsyat pizza yang dipanggang cukuplah untuk tombo pengen. Betewe salut deh Mbak Audee dengan semangatnya setelah gagal pizza pertamanya. TOP DAH!

craftvoila said...

Bu andayati,sebelumnya salam kenal. Emu blog ini waktu googling mau buat pizza..makasih ya resepnya. Itu air dingin yg dmaksud air es atau air suhu ruang bu?

Andayati said...

Air dingin disini air suhu ruang mbak, selamat mencoba ya!! Terimakasih atas kunjungannya!