......berbagi resep berbagi cerita......

05 July 2012

Jus Jambu

Jambu biji kaya zat besi rasanya pun manis, kalo di Jakarta buah ini ada terus sepanjang musim harganya muter2 diangka Rp6.000 s/d Rp8.000 sekilonya. Milihnya gampang2 susah karena kadangan luarnya terlihat bagus eeh dalemnya ada uget-ugetnya. Intinya pilih yang sedang matengnya, dipegang cukup empuk dan kulitnya masih mulus dan ndak bocal bacel.
Dah jungkir balik dimacem-macemin jus ini enaknya ya tampil original begini bersama gula dan es sajah. Sering banget menjamu tamu pake jus jambu ini menemani suguhan lainnya tentunya, masih inget saat2 temen2/tetangga2/sodara2 datang nengok bayi Afkar dulu, nyetok jambu ini sampe berkilo2. Rata2 pada suka dengan jus ini, bahkan banyak yang nambah lho (ayo yang nambah ngaku!!). Tapi ndak pa pa kok, yang punya rumah bahagia banget kalo tamunya lahap. Hap, lalu ditangkap…cicak-cicak didinding (garing poll).

Jus Jambu
Bahan:
½ kg  jambu merah matang (kupas, cuci, lalu potong2)
4 sdm gula pasir (bisa ditambah sesuai selera ya)
400 ml air es
Es batu secukupnya

Cara membuat:
1.   Campur semua bahan jadi satu kecuali es batu lalu blender.
2.   Saring pake saringan yang renggang (kalo pake saringan yang rapat ditungguin sampek setaun pun jusnya gak netes2 deh.. he he he)
3.   Tuang di gelas lalu tambahkan es batu.

For Your Info:
      Daging jambu biji dibagian sela-sela biji mengandung vitamin yang paling banyak, makanya bijinya tetap diblender ya baru disaring.

No comments: