......berbagi resep berbagi cerita......

20 December 2012

Ebi Furai

Ebi furai ini direquest Syifa yang katanya lagi bosen semuanya (walah nggaya tenan ki bocah), makanya setelah mateng ndak ada yang berani nyenggol sebelum dapet sisaan Syifa. Kalo ayah sih emang udah pantang makan udang (kasian padahal tadinya ayah suka banget sama udang tepung). Dan ayah kelihatannya tau banget kalo ebi furai ini rasanya satu tingkat diatas udang tepung biasa, ha ha ha jadi tambah pengen. Ditrimak-trimakke wae yah jadi saksi bisu!

Resepnya dari Primarasa seri Lauk Praktis Nugget & Katsu, dan ebi furai ini jadi gambar disampulnya, gambarnya yang atraktif bikin Syifa dari awal beli buku ini udah ngincer menu ini. Baiklah kak, gampang kok bikinnya dan aku yang kebagian 3 ekor masih celingak celinguk karena, helloooo…3 ekor sih kayak diklewekkin doang.

Ebi furai ini bisa distok di kulkas lho, kalo suhunya stabil bisa tahan berbulan2, tinggal simpan dalam kemasan2 kecil sekali makan dan pada saatnya tinggal digoreng. Untuk step bagain perut harus dikerat jangan dilewatkan ya karena kalo enggak, udangnya pas masuk wajan langsung sukses terbungkuk2.


2012-11-15 12.04.33
ini akibat udangnya ndak dikerat2, jadi sopan banget membungkuk terlalu dalem


Ebi Furai
Source: Primarasa
Bahan:
20 ekor udang (500 gram) udang pancet
½ sdt gula pasir
150 gram tepung terigu
1 sdm susu bubuk
1 sdt garam
¾ sdt lada bubuk
2 telur
100 gram tepung roti putih kasar (panko)

Cara membuat:
1.     Kupas udang, buang kepala, sisakan ekor. Kerat bagian perut udang agar tidak melengkung saat digoreng. Lumuri udang dengan gula pasir, sisihkan sebentar.
2.     Campur trigu, susu bubuk, garam, dan merica dalam wadah, aduk rata, sisihkan
3.     Ambil seekor udang, lumuri dengan tepung hingga rata, Celupkan ke dalam putih telur, gulingkan ke dalam tepung roti, tekan-tekan hingga melekat.
4.     Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, goreng udang secara bertahap hingga udang berubah warna, angkat, tiriskan, dinginkan.
5.     Masukkan ke dalam kemasan plastik, simpan dalam freezer hingga beku. Saat hendak disajikan goreng kembali dalam keadaan beku hingga kuning keemasan, angkat.
2012-11-15 12.05.16
Udangnya udah habis tapi campuran tepungnya masih ada??? Jangan khawatir campuran tepung ini bisa buat bikin kentang goreng lho, caranya sama persis dengan ebi furai. Hasilnya??? kata Syifa: wow kentangnya enaaak, mau lagiii!
2012-11-15 16.12.00

2012-11-15 16.11.54

No comments: