......berbagi resep berbagi cerita......

13 December 2012

Martabak Tipker

Buka buka buku resep Primarasa Seri Hidangan Nusantara Populer dari Kota Kembang Bandung semuanya bikin ngiler, bahan2nya gak susah masaknyapun nggak ribet. Dari buku ini yang mau kucoba pertamakali adalah Martabah Tipker atau Martabak Tipis Kering, Cuma nanti maafkan ya karena fotonya tidak tipis dan tidak kering karena disamping dirumah sukanya martabak yang menul2 juga kalo bikin martabak pake teflon agak susah bikin tipis kering (tapi suatu hari tipker tetep pengen kucoba kalo aku sudah punya wajan yang khusus martabak yang good quality)

Bedanya martabak ini dengan yang biasa kubikin adalah kalo biasanya pake susu UHT maka yang ini pake santan, hasilnya sebagai lidah Jowo Tulen, lidahku memutuskan kalo yang ini lebih gurih.

2012-11-17 16.33.33
adonan tipker hasilnya tetep menul2


Martabak Tipker
Source: Primarasa Edisi Hidangan Nusantara Populer dari Kota Kembang Bandung
Bahan:
125 gram tepung terigu
75 gram tepung beras
30 gram gula pasir
½ sdt baking powder
325 ml santan encer
2 butir telur
50 ml air
½ sdt soda kue
¼ sdt garam
2012-11-17 16.33.36

Taburan:
50 gram keju parut
50 gram kacang sangrai cincang
50 gram coklat beras
50 ml susu kental manis

Cara Membuat:
1.     Campur tepung terigu, tepung beras, gula pasir, dan baking powder. Taruh santan dalam wadah cekung, masukkan campuran tepung. Aduk sampai rata, diamkan selama kurleb 30 menit.
2.    Kocok telur asal lepas, masukkan air, soda kue, dan garam, aduk rata. Kemudian campur jadi satu dengan adonan tepung, aduk rata.
3.     Panaskan wajan martabak (aku pake teflon) diameter 22 cm dengan api sedang. Tuang kurleb 50 ml adonan putar2 sampai pinggiran tertutupi.
4.     Kecilkan api, tutup wajan, masak sampai adonan setengah matang. Taburi seperempat bagian permukaan adonan dengan keju, ¼ bagian dengan meces, dan kacang sangrai. Bubuhakn susu kental manis. Tutup wajan sebentar sampai adonan matang.
5.     Buka tutup wajan dan lipat dua  sambil ditekan perlahan lalu potong2. Sajikan hangat.

No comments: