......berbagi resep berbagi cerita......

28 August 2012

Kue Semprit

Itu lidah kucing opo semprit, ini semprit tapi bentuknya lidah kucing. Kalo sesuai resep aslinya sih gak pake keju. Sempat mau kutambahkan keju 50 gram di dalam adonan dan 50 gram buat taburan cuman yang di dalam adonan batal karena takut seret saat spuit. Lain kali akan kucoba dengan dobel keju biar lebih ngeju.

Bakul kue (sekarang sudah tobat gak bakulan lagi, capeeek) yang baik kan harusnya ngikutin selera konsumen yak, bikin kue semprit yang modelnya umum2 aja kembang gituh, tapi berhubung ini bakul abal-abal ditambah ndableg pulak ya sudahlah semprit tak seperti semprit ini dilempar jugak ke pasaran. Untunglah pembelinya super baik hati, bukannya komplen malah si bakul ini diberi pujian, waduh hamper nggeblag deh bakulnya dengar pujiannya. Matur suwun nggih Mbak Noor atas “pengertianmu”.

Baiklah inilah resep kue semprit itu:

KUE SEMPRIT
Source: Buku Budi Sutomo: Kue Kering Populer

Bahan:
400 gram terigu protein rendah
200 gram gula halus
400 gram margarine
5 butir kuning telur
60 gram cokelat bubuk
½ sdt garam halus

Cara Membuat:
1.    Campurkan mentega, gula halus, kuning telur dan garam, aduk rata. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
2.     Masukkan adonan ke dalam plastic segitiga/piping bag yang berisi spuit bintang. Semprotkan adonan ke loyang kue kring yang telah dioles mentega dan ditabur terigu.
3.     Panggang dalam oven 160 derajat selamam 25 menit atau hingga matang, angkat dinginkan, sajikan.

No comments: