......berbagi resep berbagi cerita......

28 May 2012

TIRAMISU

Sudah lama pengen bikin tiramisu, tapi nyari lady finger gak gampang, di Farmers gak ada, di Giant juga. Berhubung dah kebelet banget bikin, setelah googling katanya bisa diganti dengan egg drop-nya Monde. Ya sudah Sabtu pagi-pagi abis nyuapin Afkar langsung beraksi, bahan-bahan dikumpulin dulu, ternyata lumayan banyak dan ngebatin dalam hati bahannya mahal juga,jangan sampe gagal kali. he he he

Setelah 4 jam dikulkas sesuai instruksi ternyata belum terlalu beku akhirnya dimakannya sore2 jam 4 dah bener2 sudah beku dan menggoda. Syifa bolak balik motong diikuti Ayah, next time bikin lagi yang lebih rapi dan lapisannya dibanyakin ya kak.


TIRAMISU
Recipe by Fatmah Bahalwan
Bahan:
250 gr keju mascarphone
300 ml whipped cream
100 gr gula bubuk
½ sdt esence vanilli
4 btr kuning telur
50 gr gula kastor

Bahan lain:
2 sdm kopi instant, cairkan dengan 150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua / rhum (bila suka)
20 bh lady finger atau sponge cake coklat 3 lembar ukuran 22x22x3cm---
diganti egg drop

Garnish:
Whipped cream dan coklat bubuk secukupnya

Cara membuat:
  1. Kocok keju mascarphone, sisihkan.
  2. Kocok whipped krim dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.
  3. Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
  4. Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarphone yg sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.
  5. Ditempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.
 

Penyelesaian :
  1. Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (ato cake coklat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarphone, ratakan.
  2. Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarphone.
  3. Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped krim, lalu ayakkan coklat bubuk.
  4. Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.
Note:
  • Pengocokan mascarpone hanya bertujuan untuk menghilangkan bungkahan-bungkahan kejunya saja, bukan untuk membuatnya mengembang.
  • Jika menggunakan keju mascarpone merk Puglia, keju sebaiknya tidak dikocok, karena keju mascarpone merk ini sangat rentan pecah. Langsung campurkan keju ke dalam whipped cream




No comments: