......berbagi resep berbagi cerita......

01 November 2013

Apple Streusel Bar Cake

Seorang teman pernah mengomentariku ketika aku reply pesan yang dia kirim terlalu cepat "wiiih cepet banget balesnya, mang lagi gak sibuk??". Oke fren biar kujelasin, sudah sejak beberapa waktu yang lalu aku mewajibkan diriku untuk secepat mungkin reply sms, imel, gtalk atau apapun namanya yang masuk seberapapun sibuknya aku atau seberapapun tidak nyamannya perasaanku kala menerima sms, imel or gtalk itu (kecuali bila memang jawabannya membutuhkan pemikiran yang serius pasti perlu waktu untuk menyusun kata-kata). why? simpel aja, sms, imel, gtok sejatinya adalah sama aja orang yang sedang ngajak kita ngomong, mosok kita cuekin aja. 

Ya misalnya menghadapi case dimana kita dalam posisi yang dicuekin/dianggap angin lalu (mungkin yang nyuekin berpikir gini: "ngomong aja sama tembok" or "ngomong aja sama cangkir"....sadissss) gimana dong mak??? Its oke buuu, gak masalah anggap aja  kualitas diri dari lawan bicara kita ya memang cuma segitu mau diapain lagi kan??? 

Oke back to resep, sudah lama  sekali rasanya gak uji coba cake-cake lagi dan kerinduan untuk kembali baking rupanya berlabuh pada cake apel berhubung di kulkas ada apel yang udah berhari-hari dianggurin. Resepnya kuambil dari sini daniar72.blogspot

Cara bikinnya mudah sekali dan ini jenis cake yang anti gagal, lebih semangat lagi karena  pengembang kue nya dikit jadi anak-anak boleh makan banyak. Untuk pemilihan jenis apelnya akan menentukan taste akhir dari cakenya, misalnya apelnya pake jenis yang asem maka nanti cakenya juga tastenya akan asem seger (waaah ini kesukaanku). Kalo menghendaki yang manis maka tinggal pilih apel yang manis. Untuk taburan free free aja mau ditabur apa (gak ada taburan juga sudah enak), kalo aku tempo hari tabur keju soalnya stok keju sedang melimpah.

Oh iyah, for your info ya  cake ini enaknya dimakan saat panas-panas baru keluar dari oven (bukannya semua cake begitu ya??). Serius deh untuk cake ini wajib kudu dinikmati saat keluar dari oven, kenapa??? coba aja sendiri dan cari tau kenafa-nya??


Tak disangka Syifa yg dah mulai bosan cake jadi suka lagi!

Apel Streusel Bar Cake
Photo Cookbook-Baking

A .
125 gr unsalted butter
100 gr castor sugar
1/2 sdt vanila cair

B
2 butir telur

C .Aduk rata
150 gr tepung
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam

2 buah apel granny smith atau apel hijau lainnya, kupas potong dadu, campur dengan 2 sdm air lemon

D. Crumble/ Streusel,
30 gr butter dicairkan, aduk dengan :
40 gr brown sugar / palm sugar ( resep asli pake gula muscovado )
40 gr almond dihancurkan kasar
40 gr tepung terigu
1/2 sdt kayu manis

crumblednya kuaduk didalam bukan ditabur seperti diresep!

Cara Membuat :
1. Kocok bahan A sampai pucat dan menjadi cream
2. Tambahkan telur, kocok rata
3. Masukkan campuran tepung aduk rata
4. Masukkan potongan apel aduk rata kembali.
5. Tuang dalam loyang yg sudah dialas baking paper.
6. Tuang campuran crumble diatas adonan
7. Oven adonan dengan suhu 180 derajat selama 40-45 menit



Dinarasikan dalam senyap yang indah hening tanpa suara apapun kecuali kokok ayam yang sedang melihat malaika!

No comments: