......berbagi resep berbagi cerita......

08 August 2013

Sambel Godog Tempe Penyet With Detective Story



Episode The Closer sore tadi cukup meninggalkan kesan untukku, ceritanya ada seorang detektif yang hingga dia pensiun kasus pembunuhan yang ditanganinya tidak terungkap (si pembunuh selalu lepas dari jerat hukum karena kelihaiannya). Keluarga para korban (korbannya ada 3) secara emosional sudah sangat dekat dengan detektif ini, dan oleh karena simpati yang demikian mendalam maka pada satu titik si detektif ini akhirnya memutuskan untuk menghabisi si pembunuh dengan cara yang kejam. Kasus pembunuhan si pembunuh ini ditangani oleh detektif Brenda (favoritku) dan menarik ucapan detektif Brenda “sekejam apapun dia saat hidup, pada posisi ini dia adalah korban”. 

Sikap detektif Brenda mulai melunak ketika saat interogasi, si detektif yang sudah pensiun ini membuka alasannya yang benar2 sangat manusiawi atas tindakannya ini, simpati mendalam atas ketidakberdayaan orang lain dan merasa tak dapat berbuat apa-apa lalu memutuskan satu hal besar dengan resiko yang juga besar, benar2 percakapan dengan bahasa yang cuanntik saking cantiknya jadi sulit untuk kucontek disini. Like it, sayangnya ini adalah episod2 akhir detektif Brenda main disitu. Kalo gak ada jeng Brenda kayaknya daku jadi males nontonnya.

          Betewe sudah seminggu ditinggal mudik si embak, dan ternyata jadi full time mother itu cukup adrenalin ya mom! Sepanjang bisa menej waktu dan disiplin sama rencana yang udah disusun sendiri rupanya masih buanyak waktu luang yang tersisa, tuh buktinya daku masih sempat nonton The Closer, masih sempat blogging dengan kondisi minim cucian minim setrikaan. Wow puas banget rasanya melihat wajah suami penuh tanda terima kasih yang tak terucap gitu. Tenang-tenang biasa ajalah yah gak usah merasa berhutang budi gitu daku ikhlas kok melakukannya (kumat...sok baeknya).
         Oke, saatnya resep, ini resep yang sungguh tidak fenting dan aku mempostingnya cuma atas dasar bahwa aku suka banget sama sambel godog ini, minim minyak dan cocok banget buat nemenin gadoin sayur asem. Tapi sayangnya bikin sambel ini wajib kudu barengan bikin sayur asem, yuk dicoba.

Sambel Godog Tempe Penyet
Bahan:
1 papan tempe potong2 lalu rebus bersamaan sayur asem
12 buah (50gram) cabe merah keriting
8 buah (20gram) cabe rawit merah
4 butir (40gram) bawang merah utuh
1 ½ buah (150 gram) tomat merah, potong
½ sdt garam
1 sdt gula merah sisir

Cara Membuat:
Setelah sayur asem mateng, angkat tempe dan tiriskan.
Goreng cabe dan bawang merah sampai setengah layu
Masukkan tomat merah, goreng sampai layu lalu angkat
Uleg bersama garam dan gula, hingga tercampur rata.
Penyet tempe dengan ulekan, tata di atas pirng saji
Tuang sambal di atasnya sambil tekan2 dengan ulekan

Tepat pukul 10 malam, sebuah pencapaian yang luar biasa bisa melek hingga jam segini secara tiap hari jam 8-an sudah terkapar dan tak perduli dengan hiruk pikuk apapun. Ckkkkk menjadi full time mother itu benar2 bebas merdeka mau ngapain dan mau tidak ngapain. Hmmmmmmm.

No comments: