......berbagi resep berbagi cerita......

13 July 2013

Tahu Telur



Menu ringan ringan untuk buka puasa dengan bahan dasar telur bisa banyak sekali variasinya, semuanya enak dan menggoda iman (buat yang imannya tipis tentunya). Ide awalnya mau bikin fuyunghai tapi sebagai orang Jawa Timur asli yang cinta mati sama makanan jawa timuran akhirnya belok masak Tahu Telur aja. Harga yang harus dibayar dari kenekatanku masak Tahu Telur kali ini adalah serumah “nehi semua”. Jangankan ngicipin, melihat saja sudah “week….apaan ini” (lebay tralala).

Dear Diary harus berapa kali kubilang ya kalo makanan tradisional ini endang guridandang, tapi mengapa sih seluruh dunia tidak ada yang mau mengertikyu????huaaa

Mungkin diantara pembaca ada yang sepakat dengan kelezatan Tahu Telur ini, toss dulu dong! berarti aku tidak benar2 menjadi manusia aneh sebatang kara mengatakan Tahu Telur itu uenak. OMG segitunya!

Tahu Telur
Source: Tabloid Saji
Bahan:
150 gram tahu, potong kotak
2 butir telur
1 batang daun bawang., iris tipis
½ sdt garam
1/4sdt lada bubuk
2 siung bawang putih, digoreng dihaluskan

Bahan Saus:
50 gram kacang tananh kulit, digoreng
2 siung bawang putih
2 buah cabai rawit merah
2 sdm petis
1 sdt gula merah
½ sdt garam
100 ml air panas

Bahan pelengkap:
100 gram toge, rebus dan tiriskan
1 buah timun, potong kotak
Kerupuk kanji

Cara Membuat:
1.       Campur tahu, telur, daun bawang garam lada bubuk dan bawang putih. Aduk rata
2.       Panaskan minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur adonan. Goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Sisihkan.
3.       Saus, ulek bawang putih cabe rawit kacang tanah petis gula merah dan garam sampai halus. Tuang air sedikit sedikit sambil diaduk.
4.       Sajikan tahu telur bersama saus petis dan pelengkapnya



  


No comments: