......berbagi resep berbagi cerita......

11 June 2012

KUE KAMIR

Udah lama mau bikin kue kamir, kayaknya gampang bikinnya. Tapi ayah dah punya standar sendiri soal kamir yang enaak, klo dah punya standar gini jadi susah nyocokinnya. Ada kamir enak di dekat Pusat Grosir Cililitan (PGC), yang jual suami istri Arab, tungkunya sampe berderet-deret tapi tetep aja yang beli ngantri. Ini kamir yang kata ayah enak, trus yang enak lagi masih kata ayah yang suka di bawa temennya. Nah kan jadi ngeri mau nyoba bikin klo standarnya dah gamblang gini. Tapi bondho nekad aja bikin, comot resep dari sajiansedap.com bener lho kue ini bikinnya gampiiiil banget.

KAMIR TAPE
Bahan:
300 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram gula pasir halus (bisa ditambah ya)
1 sendok teh (4 gram) ragi instan
150 gram tape singkong, dihaluskan
1 butir telur
200 ml air
25 gram margarin, dilelehkan
Cara membuat:
  1. Campur tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan. Tambahkan tape singkong. Kocok perlahan menggunakan mixer spiral.
  2. Masukkan telur dan air sedikit-sedikit sambil dikocok sampai licin.
  3. Masukkan margarin leleh. Kocok rata. Diamkan 20 menit sampai mengembang. (makin lama makin bagus ex 1 jam)
  4. Panaskan cetakan cara bikang  yang diberi minyak agak banyak.
  5. Tuang adonan penuh. Biarkan sampai berkulit dan setengah matang. Balik adonan dan biarkan matang.
 Untuk 16 buah

Setelah mateng ayah langsung nyobain, segigit dua gigit trus komentar “ini sih bukan kamir tapi kue pancong”. Setelah diicip2 ternyata bener kurang rasa dan aroma tapenya (mungkin karena tapenya kurendam air panas dulu dan kuperas, direndam karena baru keluar dari kulkas) FYI ragi klo ketemu air dingin akan mati alias gak ngembang makanya inisiatif direndam air panas. Tapi akhirnya si kamir rasa pancong laris manis juga soalnya ayah juga penggemar pancong. Oalah.

No comments: